SUPLEMEN
3
RANCANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN
Disajikan pada
Bimbingan Teknis Metode Pembelajaran Kurikulum Berbasis Kompetensi
Bagi Tutor Kejar Paket B
Tanggal 13-18 Nopember 2006
PEMERINTAH PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
DINAS PENDIDIKAN
BALAI PENGEMBANGAN KEGIATAN BELAJAR
Jl. Sorowajan Baru Banguntapan Yogyakarta 55198 Telp: (0274) 484367
RANCANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN
1. PENDAHULUAN
Perangkat materi ini menyajikan bahan diskusi tentang “penyusunan program pembelajaran”. Bahan ini bukan lagi hal baru bagi Tutor Pelatih, dan oleh karenanya diharapkan kegiatan belajar lebih diarahkan pada “diskusi pengalaman lapangan”. Akan disajikan secara garis besar tentang : Analisis Materi Pelajaran (AMP), Program Tahunan (PROTA), Program Catur Wulan (CAWU), Program Satuan Pelajaran (SATPEL), dan Rencana Pelajaran (RP).
Sebelum membahas materi ini diharapkan anda telah menguasai tentang : Strategi dan Metode Pembelajaran, Media Pembelajaran, Evaluasi Hasil Belajar, dan Materi Kurikulum Matapelajaran.
2. TUJUAN
Setelah anda membahas dan mendiskusikan materi ini, diharapkan anda memahami dan memperoleh gambaran pengalaman lapangan tentang “penyusunan program pembelajaran”.
3. MATERI
1. Analisis Materi Pelajaran
a. Komponennya :
· Penjabaran pokok bahasan dan sub-pokok bahasan
· Pemilihan metode pembelajaran yang efektif dan efisien
· Pemilihan sarana pembelajaran yang paling cocok
· Perincian alokasi waktu sesuai dengan lingkup materi, kedalaman dan keluasan materi
b. Fungsi AMP :
AMP berfungsi sebagai acuan untuk menyusun program pembelajaran, yaitu : program tahunan, program caturwulan, program satuan pelajaran, dan rencana pembelajaran (persiapan mengajar).
c. Contoh Format AMP:
No. | Pokok Bahasan/ Sub P.B. | Penjabaran | Penyesuain | Ket. | ||
Metode | Sarana | Waktu | ||||
| | | | | | |
d. Tugas dan Diskusi
Buatlah AMP sesuai matapelajaran anda untuk satu semester. Diskusikan dengan teman, pengalaman anda selama ini melakukannya di sekolah.
· Adakah kesulitan yang anda temui selama ini ?
· Bagaimana kaitannya dengan waktu ? Kurang waktu, dan bahan tidak habis ?
· Bagaimana dengan materi esensial ?
· Bagaimana dengan ketersediaan sarana ?
· Bagaimana dengan saran Supervisor ?
· Dan sebagainya ……………………
2. Program Tahunan
a. Fungsi : program tahunan berfungsi sebagai acuan untuk menyusun rencana program Caturwulan.
a. Komponen Program Tahunan :
· Caturwulan
· Pokok bahasan dan sub-pokok bahasan
· Alokasi Waktu
b. Contoh Format :
CATUR WULAN | POKOK BAHASAN/ SUB POKOK BAHAAN | ALOKASI WAKTU | KET. |
| | | |
c. Diskusi dan Tugas :
Buatlah Rancangan Program Tahunan sesuai matapelajaran anda untuk satu tahun pelajaran di salah satu kelas PKBM Paket B. Diskusikan dengan teman, pengalaman anda selama ini melakukannya di sekolah.
· Adakah kesulitan yang anda temui selama ini ?
· Bagaimana kaitannya dengan waktu ? Kurang waktu, dan bahan tidak habis ?
· Apabila anda kekurangan waktu, bagaimana mengatasinya
· Bagaimana dengan materi esensial ? Apakah anda pernah menganalisisnya ?
· Bagaimana dengan saran Supervisor anda di sekolah ?
· Dan sebagainya ……………………
5. Program Caturwulan
a. Fungsi :
· Sebagai acuan penyusunan Rancangan Program Satuan Pembelajaran
· Sebagai acuan kalender pembelajaran
· Sebagai salah satu usaha mencapai efisiensi dan daya guna waktu belajar efektif yang tersedia.
b. Komponen Program Caturwulan :
· Pokok bahasan dan sub pokok bahasan
· Alokasi waktu ( …. X 45 menit/ 1 jam pel)
· Rencana penyajian berupa ; bulan dan minggu efektif belajar.
c. Contoh Format :
No | Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan | Alokasi Wak tu | Bulan / Minggu | Ket | ||||||||||||||||||
Juli | Agustus | September | Oktober | |||||||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||||
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
| Jumlah | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
d. Diskusi dan Tugas :
Buatlah Rancangan Program Caturwulan sesuai matapelajaran anda untuk satu CAWU di salah satu kelas PKBM Paket B. Diskusikan dengan teman, pengalaman anda selama ini melakukannya di sekolah.
· Adakah kesulitan yang anda temui selama ini ?
· Bagaimana kaitannya dengan alokasi waktu dalam satu cawu? Kurang waktu, dan bahan tidak habis ? atau sebaliknya ?
· Apabila anda kekurangan waktu, bagaimana mengatasinya
· Bagaimana dengan materi berjenjang ?
6. Program Satuan Pelajaran
a. Fungsi :
· Sebagai acuan penyusunan Rencana Pembelajaran atau Persiapan Mengajar.
· Sebagai acuan dan pegangan Tutor mengelola pembelajaran
· Sebagai salah satu usaha mencapai efisiensi dan daya guna proses pembelajaran.
b. Komponen Program Satuan Pembelajaran (PSP) :
· Rumusan tujuan umum pembelajaran
· Rumusan tujuan khusus pembelajaran
· Materi pembelajaran
· Kegiatan pembelajaran
· Sarana dan sumber pembelajaran
· Penilaian proses dan hasil belajar
c. Contoh Format :
No. Urut | Pertemuan Ke- | No. TKP | Materi | Kegiatan | Wkt | T u g a s | |
Kel. | Perorangan | ||||||
| | | | | | | |
c. Diskusi dan Tugas :
Buatlah Program Satuan Pelajaran untuk “Satu Pokok Bahasan”sesuai matapelajaran yang anda bina di salah satu kelas PKBM Paket B. Diskusikan dengan teman, pengalaman anda selama ini melakukannya di sekolah.
· Adakah kesulitan yang anda temui selama ini ? Bila ada, dalam kaitan dengan apa ?
· Bagaimana kaitan antara TUP, TKP, Materi, dan Evaluasi? Bagaimana pula pelaksanaan evaluasi proses dan evaluasi hasil belajar ?
· Pernakah anda diskusikan dengan Supervisor/Pengawas di sekolah anda ? atau dengan Kepala Sekolah ?
7. Rencana Pembelajaran/Persiapan Mengajar
a. Fungsi :
· Perbedaan fungsi “Rencana Pembelajaran” dengan “Program Satuan Pembelajaran” ?
· Disamping adanya Program Satuan Pembelajaran, mengapa Tutor diminta lagi menyusun “Rencana Pembelajaran” ?
· Dapatkah seorang Tutor suatu matapelajaran yang berhalangan hadir mengajar, digantikan Tutor lain tanpa ada hambatan ? Dimana pula peranan Recana Pembelajaran dan Program Satuan Pembelajaran ?
b. Komponen Rencana Pembelajaran (RP) :
· Rumusan tujuan khusus pembelajaran
· Materi pembelajaran
· Metode dan Strategi
· Sarana/Alat Bantu Pembelajaran
· Kegiatan pembelajaran (dalam bentuk skenario belajar)
· Penilaian proses dan hasil belajar
c. Contoh Format :
NO. | TUJUAN PEMBELAJARAN | MATERI | METODE | SARANA | KEGIATAN PEMBELAJARAN | KET |
| | | | | | |
d. Diskusi dan Tugas :
Buatlah SATU Persiapan Mengajar (Rencana Pelajaran) sesuai matapelajaran anda di salah satu kelas PKBM Paket B. Diskusikan dengan teman, pengalaman anda selama ini melakukannya di sekolah.
· Adakah kesulitan yang anda temui selama ini ?
· Bagaimana kaitannya dengan Program Satuan Pelajaran ?
· Bagaimana dengan tutor yang berhalangan mengajar ? Mudahkah diganti bila ada Persiapan mengajarnya ?
· Bagaimana dengan Rumuan Kegiatan Belajar yang dinyatakan dalam bentuk suatu skenario belajar ?
· Lakukan tukar pengalaman dengan teman dalam pertemuan ini, untuk menelaah faktor :
o Kualitas luaran warga belajar PKBM Paket B, dikaitkan dengan
o peran Tutor sebagai Manajer dan Pengelola Kelas.
o Kaitan Pelatihan dengan Kualitas Mengajar Tutor
o Kaitan Kualitas Mengajar Tutor dengan Kualitas Warga belajar
o kaitan Peran Tutor dengan semangat “berprestasi” dan
o motivasi “bersaing” di kalangan Warga belajar ???
SELAMAT BERKARYA
FORMAT : ANALISIS MATERI PELAJARAN (AMP)
No. | Pokok Bahasan/ Sub P.B. | Penjabaran | Penyesuain | Ket. | ||
Metode | Sarana | Waktu | ||||
| | | | | | |
FORMAT : RANCANGAN PROGRAM TAHUNAN (PROTA)
CATUR WULAN | POKOK BAHASAN/ SUB POKOK BAHAAN | ALOKASI WAKTU | KET. |
| | | |
FORMAT : PROGRAM CATURWULAN
No | Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan | Alokasi Waktu | Bulan / Minggu | Ket | ||||||||||||||||||
Juli | Agustus | September | Oktober | |||||||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||||
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
| Jumlah | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
FORMAT : PROGRAM SATUAN PEMBELAJARAN (PSP)
No. Urut | Pertemuan Ke- | No. TKP | Materi | Kegiatan | Waktu | T u g a s | |
Kelompok | Perorangan | ||||||
| | | | | | | |
FORMAT : RENCANA PEMBELAJARAN (PERSIAPAN MENGAJAR)
NO. | TUJUAN PEMBELAJARAN | MATERI | METODE | SARANA | KEGIATAN PEMBELAJARAN | KET |
| | | | | | |
0 komentar:
Posting Komentar