ALOKASI WAKTU PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Sosiologi
Satuan Pendidikan : SMA/ MA MGMP BATOLA
Kelas / Jurusan : X (Sepuluh)/Umum
Tahun Pelajaran : 2009/2010
NO | BULAN | JLH MINGGU | MINGGU EFEKTIF | MINGGU TIDAK EFEKTIF | KETERANGAN |
1 2 3 4 5 6 | Juli 2009 Agustus September Oktober November Desember | 5 4 5 5 4 5 | 1 2 1 5 4 5 | 4 2 4 - - - | Semester I 18 mggu x 2 JP = 36 JP |
7 8 9 10 11 12 | Januari 2010 Pebruari Maret April Mei Juni | 4 4 5 4 4 5 | 3 4 5 2 3 5 | 1 - - 2 1 - | Semester II 22 mggu x 2 JP = 44JP |
JUMLAH | 54 | 40 | 14 | |
Mengetahui, Batola, juli 2009
Kepala Sekolah SMA/MA ……………… Guru Mata Pelajaran
………………………………………… …………………………………........
NIP. ………………………………… NIP. ....................................
PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Sosiologi
Satuan Pendidikan : SMA / MA MGMP Batola
Kelas / Jurusan : X (Sepuluh)/Umum
Tahun Pelajaran : 2009/2010
No | Semester | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu | |
1. | 1 | 1. Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yan mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan · Mendifinisikan sosiologi sebagai ilmu dan metode · Menjelaskan hubungan berbagai konsep tentang realitas sosial · Mengidentifikasi data tentang realitas sosial masyarakat · Ulangan Harian (Per KD) 2 JP 2. Mendiskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat · Menjelaskan pengertian nilai dan norma · Menyebutkan nilai dan norma · Membedakan nilai dan norma · Memberikan contoh peran nilai dan norma dalam masyarakat · Mengklasifikasikan kasus-kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat · Ulangan Harian (Per KD) 2 JP 3. Mendiskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial. · Mendifinisikan inetraksi sosial dan dinamika sosial · Menjelaskan factor-faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial dan dinamika sosial · Menjelaskan hubungan antara interaksi sosial dan keteraturan sosial. · Ulangan Harian (Per KD) 2 JP · Ulangan Umum Semester 1 | 10 + 2 JP 10 + 2 JP 10 + 2 JP | |
| Jumlah | 36 JP | ||
2 | 2 | 1. Mejelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian · Mendifinisikan sosialisasi dan pembentukan kepribadian · Menyebutkan faktor-faktor pembentukan kepribadian · Menjelaskan pengaruh kebudayaan terhadap pembentukan kepribadian · Menjelaskan pengaruh sosialisasi terhadap pembentukan kepribadian · Ulangan Harian (Per KD) 2 JP 2. Mendiskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial · Mengidentifikasikan terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi yang tidak sempurna · Mengklasifikasikan jenis-jenis perilaku menyimpang · Menyebutkan cara-cara untuk menanggulangi terjadinya perilaku menyimpang · Ulangan Harian (Per KD) 2 JP 3. Menerapkan aturan-aturan sosial dalam kehidupan bermasyarakat · Menyebutkan jenis-jenis lembaga pengendalian sosial · Menyebutkan berbagai cara pengendalian sosial · Menjelaskan akibat tidak berfungsinya lembaga sosial · Menjelaskan aturan-aturan sosial dalam kehidupan masyarakat. · Ulangan Harian (Per KD) 2 JP · Ulangan Umum kenaikan kelas 2 JP | 12 + 2 JP 12 + 2 JP 14 + 2 JP | |
| Jumlah | 44 JP | ||
Mengetahui, Batola, juli 2009
Kepala Sekolah SMA/MA ……………… Guru Mata Pelajaran
………………………………………… …………………………………........
NIP. ………………………………… NIP. ....................................
RINCIAN MINGGU EFEKTIF
Mata Pelajaran : Sosiologi
Satuan Pendidikan : SMA/MA MGMP Batola
Kelas /semester : X (Sepuluh) Umum / I
Tahun Pelajaran : 2009/2010
Perhitungan Alokasi Waktu
- Banyaknya pekan dalam semester
No | Nama Bulan | Banyak Bulan |
1. 2 3. 4. 5. 6. | Juli Agustus September Oktober ,Nopember Desember | 5 4 5 5 4 5 |
| Jumlah | 28 minggu |
- Banyaknya pekan yang tidak efektif dalam semester
No | Nama Bulan | Banyak Pekan | Keterangan |
1 2. 3. | Juli Agustus September | 4 2 4 | Libur semester II, MOS Libur awal Puasa minggu ke -3 Libur akhir puasa minggu ke -3 Libur Idul Fitri minggu ke -4 |
- banyaknya pecan yang efektif
28 pekan – 10 pekan = 18 pekan/minggu
- Banyaknya jam pelajaran fektif
18 pekan x 2 jam pelajaran = 36 jam pelajaran
Mengetahui, Batola, juli 2009
Kepala Sekolah SMA/MA ……………… Guru Mata Pelajaran
………………………………………… …………………………………........
NIP. ………………………………… NIP. ....................................
RINCIAN MINGGU EFEKTIF
Mata Pelajaran : Sosiologi
Satuan Pendidikan : SMA / MA MGMP Batola
Kelas / Semester : X (Sepuluh)/II
Tahun Pelajaran : 2009/2010
Perhitungan Alokasi Waktu
1. Banyaknya pekan dalam semester
No | Nama Bulan | Banyak Bulan |
1. 2 3. 4. 5. 6. | Januari Pebruari Maret April Mei Juni | 4 4 5 5 4 5 |
| Jumlah | 26 minggu |
2. Banyaknya pekan yang tidak efektif dalam semester
No | Nama Bulan | Banyak Pekan | Keterangan |
1 2. 3. | Januari April Mei | 1 2 1 | Libur semester I, minggu ke 1 UN - UAS minggu ke 2-3 Pembagian raport |
3. Banyaknya pecan yang efektif
26 pekan – 4 pekan = 22 pekan
4. Banyaknya jam pelajaran fektif
22 pekan x 2 jam pelajaran = 44 jam pelajaran
Mengetahui, Batola, juli 2009
Kepala Sekolah SMA/MA ……………… Guru Mata Pelajaran
………………………………………… …………………………………........
NIP. ………………………………… NIP. ....................................
ALOKASI WAKTU PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Sosiologi
Satuan Pendidikan : SMA / MA MGMP BATOLA
Kelas / Jurusan : XI (Sebelas )/Ilmu Sosial
Tahun Pelajaran : 2009/2010
NO | BULAN | JLH MINGGU | MINGGU EFEKTIF | MINGGU TIDAK EFEKTIF | KETERANGAN |
1 2 3 4 5 6 | Juli 2009 Agustus September Oktober November Desember | 5 4 5 5 4 5 | 1 2 1 5 4 5 | 4 2 4 - - - | Semester I 18 mggu x 3JP = 54 JP |
7 8 9 10 11 12 | Januari 2010 Pebruari Maret April Mei Juni | 4 4 5 4 4 5 | 3 4 5 2 3 5 | 1 - - 2 1 - | Semester II 22 mggu x 3 JP = 66JP |
JUMLAH | 54 | 40 | 14 | |
Mengetahui, Batola, juli 2009
Kepala Sekolah SMA/MA ……………… Guru Mata Pelajaran
………………………………………… …………………………………........
NIP. ………………………………… NIP. ....................................
PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Sosiologi
Satuan Pendidikan : SMA / MA
Kelas /Jurusan : XI / IS (Ilmu Sosial)
Tahun Pelajaran : 2009/2010
No | Semester | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu | |
1. | 1 | 1. Mendiskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat · Mendiskripsikan struktur sosial · Mendiskripsikan diferensiasi sosial · Mendiskripsikan stratifikasi sosial · Mendiskripsikan Diferensiasi sosial berdasarkan ras, etnis, agama, dan gender · Menyebutkan macam-macam kriteria stratifikasi sosial di masyarakat · Mendiskusikan berbagai pengaruh diferensiasi sosial yang terdapat di masyarakat · Membedakan konsolidasi dan interseksi yang terjadi di dalam masyarakat · Ulangan Harian ( Per KD) 2 JP 2. Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat · Menjelaskan berbagai konflik dalam masyarakat · Membedakan konflik dengan kekerasan · Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya konflik dalam masyarakat · Menyebutkan faktor pendorong terjadinya intergrasi sosial · Ulangan Harian ( Per KD) 2 JP 3. Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial · Menyebutkan jenis-jenis mobilitas sosial · Mendeskripsikan proses terjadinya mobilitas sosial · Menjelaskan dampak mobilitas sosial · Ulangan Harian ( Per KD) 2 JP · Ulangan Umum semester sosial | 16 + 2 JP 16 + 2 JP 16 + 2 JP | |
| Jumlah | 54 jp | ||
2 | 2 | 1 Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultur · Menyebutkan ciri-ciri masyarakat multikultur · Menjelaskan faktor-faktor yang menyebakan terjadinya masyarakat multikultur · Ulangan Harian (Per KD) 2 JP 2 Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultur · Mendiskripsikan perkembangan keaneka ragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur · Menjelaskan konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial · Ulangan Harian (Per KD) 2 JP 3 Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultur · Menjelaskan dengan contoh kasus keanekaragaman kelompok sosial · Ulangan Harian (Per KD) 2 JP · Ulangan Umum kenaikan kelas | 20 + 2 JP 20 + 2 JP 20 + 2 JP | |
| | Jumlah | 66 jp | |
Mengetahui, Batola, juli 2009
Kepala Sekolah SMA/MA ……………… Guru Mata Pelajaran
………………………………………… …………………………………........
NIP. ………………………………… NIP. ....................................
RINCIAN MINGGU EFEKTIF
Mata Pelajaran : Sosiologi
Satuan Pendidikan : SMA / MA MGMP Batola
Kelas /semester : XI IS (Sebelas Ilmu Sosial)/ Ganjil
Tahun Pelajaran : 2009/2010
Perhitungan Alokasi Waktu
1. Banyaknya pekan dalam semester
No | Nama Bulan | Banyak Bulan |
1. 2 3. 4. 5. 6. | Juli Agustus September Oktober Nopember Desember | 5 4 5 5 4 5 |
| Jumlah | 28 minggu |
2. Banyaknya pekan yang tidak efektif dalam semester
No | Nama Bulan | Banyak Pekan | Keterangan |
1 2. 3. | Juli Agustus September | 4 2 4 | Libur semester II, MOS Libur awal Puasa minggu ke -3 Libur akhir puasa minggu ke -3 Libur Idul Fitri minggu ke -4 |
3. banyaknya pekan yang efektif
28 pekan – 10 pekan = 18 pekan
4. Banyaknya jam pelajaran fektif
18 pekan x 3 jam pelajaran = 54 jam pelajaran
Mengetahui, Batola, juli 2009
Kepala Sekolah SMA/MA ……………… Guru Mata Pelajaran
………………………………………… …………………………………........
NIP. ………………………………… NIP. ....................................
RINCIAN MINGGU EFEKTIF
Mata Pelajaran : Sosiologi
Satuan Pendidikan : SMA /MA MGMP Batola
Kelas / Semester : XI IS/ Genap
Tahun Pelajaran : 2009/2010
Perhitungan Alokasi Waktu
1.. Banyaknya pekan dalam semester
No | Nama Bulan | Banyak Bulan |
1. 2 3. 4. 5. 6. | Januari Pebruari Maret April Mei Juni | 4 4 5 4 4 5 |
| Jumlah | 26 minggu |
2. Banyaknya pekan yang tidak efektif dalam semester
No | Nama Bulan | Banyak Pekan | Keterangan |
1 2. 3. | Januari April Juni | 1 2 1 | Libur semester I, minggu ke 1 UN - UAS minggu ke 2-3 Pembagian raport |
3. banyaknya pekan yang efektif
26 pekan – 4 pekan = 22 pekan
4. Banyaknya jam pelajaran fektif
22 pekan x 3 jam pelajaran = 66 jam pelajaran
Mengetahui, Batola, juli 2009
Kepala Sekolah SMA/MA ……………… Guru Mata Pelajaran
………………………………………… …………………………………........
NIP. ………………………………… NIP. ....................................
ALOKASI WAKTU PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Sosiologi
Satuan Pendidikan : SMA / MA MGMP BATOLA
Kelas / Jurusan : XII (Dua Sebelas )/Ilmu Sosial
Tahun Pelajaran : 2009/2010
NO | BULAN | JLH MINGGU | MINGGU EFEKTIF | MINGGU TIDAK EFEKTIF | KETERANGAN |
1 2 3 4 5 6 | Juli 2009 Agustus September Oktober November Desember | 5 4 5 5 4 5 | 1 2 1 5 4 5 | 4 2 4 - - - | Semester I 18 mggu x 3JP = 54 JP |
7 8 9 10 11 12 | Januari 2010 Pebruari Maret April Mei Juni | 4 4 5 4 4 5 | 3 4 5 2 3 5 | 1 - - 2 1 - | Semester II 22 mggu x 3 JP = 66JP |
JUMLAH | 54 | 40 | 14 | |
Mengetahui, Batola, juli 2009
Kepala Sekolah SMA/MA ……………… Guru Mata Pelajaran
………………………………………… …………………………………........
NIP. ………………………………… NIP. ....................................
PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Sosiologi
Satuan Pendidikan : SMA /MA MGMP Batola
Kelas / Jurusan : XII/IS (Ilmu Sosial)
Tahun Pelajaran : 2009/2010
No | Semester | Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu | |
1. | 1 | 1. proses perubahan sosial di masyarakat · Menjelaskan bentuk-bentuk perubahan sosial · Memberikan contoh faktor pendorong perubahan sosial · Memberi contoh faktor-faktor penghambat perubahan sosial · Ulangan harian per KD 2. Menganalisis dampak perubahan menjelaskan sosial terhadap kehidupan Masyarakat. · Memberi contoh kasus dampak perubahan sosial · Mengidentifikasi tantangan globalisasi terhadap eksistensi jati diri bangsa · Ulangan harian per KD 3. Menjelaskan hakekat lembaga · Menjelaskan pengertian lembaga sosial · Menjelaskan proses pembentukan lembaga sosial · Ulangan harian Per KD 4. Mengklasifikasikan tipe-tipe lembaga sosial · Menyebutkan tipe-tipe lembaga sosial · Menguraikan hubungan antar lembaga sosial · Ulangan harian per KD 5. Mendeskripsikan peran dan fungsi lembaga sosial · Menguraikan pentingnya peran dan fungsi lembaga keluarga, agama, pendidikan, politik-ekonomi dalam bermasyarakat · Ulangan Umum Semester 1 | 8 + 2 JP 9 + 2 JP 9 + 2 JP 9 + 2 JP 9 + 2 JP | |
| Jumlah | 54 JP | ||
2 | 2 | 1. Merancang metode penelitian sosial secara sederhana · Merumuskan rancangan penelitian sosial secara sederhana · Ulangan harian ( per KD) 2. Melakukan penelitian sosial secara sederhana · Melaksanakan penelitian sosial secara sederhana 3. Mengkomunikasikan hasil penelitian sosial secara sederhan · Membuat laporan penelitian sosial secara sederhana · Mempresentasikan hasil penelitian sosial secara sederhana · Ulangan harian (per KD) · Ulangan umum kenaikan kelas | 20 + 2 20 + 2 20 + 2 | |
| | Jumlah | 66 JP | |
Mengetahui, Batola, juli 2009
Kepala Sekolah SMA/MA ……………… Guru Mata Pelajaran
………………………………………… …………………………………........
NIP. ………………………………… NIP. ....................................
RINCIAN MINGGU EFEKTIF
Mata Pelajaran : Sosiologi
Satuan Pendidikan : SMA / MA MGMP Batola
Kelas /semester : XII IS (Ilmu Sosial)/ Ganjil
Tahun Pelajaran : 2009/2010
Perhitungan Alokasi Waktu
1. Banyaknya pekan dalam semester
No | Nama Bulan | Banyak Bulan |
1. 2 3. 4. 5. 6. | Juli Agustus September Oktober Nopember Desember | 5 4 5 5 4 5 |
| Jumlah | 28 minggu |
2. Banyaknya pekan yang tidak efektif dalam semester
No | Nama Bulan | Banyak Pekan | Keterangan |
1 2. 3. | Juli September Oktober | 4 2 4 | Libur semester II, MOS Libur awal Puasa minggu ke -4 Libur akhir puasa minggu ke -3 Libur Idul Fitri minggu ke -4 |
3. banyaknya pecan yang efektif
28 pekan – 10 pekan = 18 pekan
4. Banyaknya jam pelajaran fektif
18 pekan x 3 jam pelajaran = 54 jam pelajaran
Mengetahui, Alalak, juli 2009
Kepala SMA/MA………… Guru Mata Pelajaran
……………………………………………. …………………………………………..
NIP……………………………………… NIP……………………………………….
RINCIAN MINGGU EFEKTIF
Mata Pelajaran : Sosiologi
Satuan Pendidikan : SMA Negeri Alalak
Kelas / Semester : XII IS/ Genap
Tahun Pelajaran : 2009/2010
Perhitungan Alokasi Waktu
1. Banyaknya pekan dalam semester
No | Nama Bulan | Banyak Bulan |
1. 2 3. 4. 5. 6. | Januari Pebruari Maret April Mei Juni | 4 4 5 4 4 5 |
| Jumlah | 26 minggu |
2. Banyaknya pekan yang tidak efektif dalam semester
No | Nama Bulan | Banyak Pekan | Keterangan |
1 2. 3. | Januari April Juni | 1 2 1 | Libur semester I, minggu ke 1 UN - UAS minggu ke 2-3 Pembagian raport |
3. Banyaknya pecan yang efektif
26 pekan – 4 pekan = 22 pekan
4. Banyaknya jam pelajaran fektif
22 pekan x 3 jam pelajaran = 66 jam pelajaran
Mengetahui, Batola, juli 2009
Kepala SMA/MA………… Guru Mata Pelajaran
……………………………………………. …………………………………………..
NIP……………………………………… NIP……………………………………….
0 komentar:
Posting Komentar