SILABUS
Sekolah : SMA /MA MGMP Batola
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Program : X / Umum
Semester : 1 (Satu)
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
Standar Kompetensi 1 : Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
No | Kompetensi Dasar | Materipokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat | |
JenisTagihan | Bentuk | |||||||
1.1 | Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan | · Sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat | · Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang konsep dasar dan metode sosiologi menurut para ahli · Secara kelompok mendiskusikan konsep dasar dan metode sosiologi · Secara kelompok mendiskusikan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari tentang hubungan berbagai konsep realitas sosial · Secara individual menggali informasi melalui media massa tentang realitas sosial masyarakat | · Mendifinisikan sosiologi sebagai ilmu dan metode · Menjelaskan hubungan berbagai konsep tentang realitas sosial · Menjelaskan data tentang realitas sosial masyarakat | · Tugas individu/ kelompok · Tugas Kelompok · Tugas individu | -Performan - Resume - Laporan Diskusi - Mempresen- tasikan hasil diskusi - Performen dan kliping | 4 jam pelajaran 4 jam Pelajaran 2 jam Pelajaran | Sosiologi Jilid I kelas X Yusniati, Indianto Kamus Sosiologi Pengantar Sosio logi Kamanto Sunarto Media cetak /elektonik |
No | Kompetensi Dasar | Materipokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat | |
JenisTagihan | Bentuk | |||||||
1.2 | Mendiskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat | · Nilai dan Norma dalam kehidupan masyarakat | · Secara individu mengungkapkan kembali hasil temuannya tentang realitas sosial · Secara individu menggali informasi tentang pengertian nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat. · Secara individu dapat membedakan antara nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat · Secara kelompok mendiskusikan tentang peran nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat. · Secara kelompok berdiskusi tentang kasus-kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat. · Secara kelompok berdiskusi merumuskan solusi dalam penanganan pelanggaran nilai dan norma | · Menjelaskan pengertian nilai dan norma. · Menyebutkan nilai dan norma · Membedakan nilai dan norma · Memberikan contoh peran nilai dan norma dalam masyarakat · Mengklasifikasikan kasus-kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat | Ulangan Harian Tugas indivudu Tugas kelompok Ulangan | - Uraian -Fortofolio Laporan singkat Laporan singkat kuis Uraian | 2 jan Pelajaran 2 jam pelajaran 4 jam pelajaran 4 jam pelajaran 2 jam pelajaran | Pengantar Sosiologi Soerjono Soekamto Artikel dari Koran dan internet Gambar,foto CD Masyarakat setempat Data Instansi/Lembaga |
No | Kompetensi Dasar | Materipokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan / Alat | |
JenisTagihan | Bentuk | |||||||
1.3 | Mendiskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial | · Interaksi sosial dan dinamika sosial | · Secara individu menggali informasi dari berbagai referensi perpustakaan tentang interaksi sosial dan dinamika sosial · Menyimpulkan temuan pustaka tentang interaksi sosial dan dinamika sosial · Secara kelompok mendiskusikan kartu kasus yang sudah disiapkan guru · Secara klasikal merumuskan faktor-faktor yang mendorong terjadinya interaksi dan dinamika sosial · Secara individu mengungkapkan pengalaman berinteraksi sosial dalam masyarakat. · Secara individu mampu menerapkan pola-pola interaksi sosial untuk terbentuk keteraturan sosial | · Mendifinisikan interaksi sosial dan dinamika sosial · Menjelaskan faktor-faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial dan dinamika sosial · Menjelaskan hubungan antara interaksi sosial dan keteraturan sosial | Tugas individu Tugas kelompok Tugas individu Ulangan harian | Portofolio Performan Kuis Performan PG dan Uraian singkat | 4 jam pelajaran 4 jam pelajaran 2 jam pelajaran 2 jam pelajaran | Sosiologi Jilid I kelas X Yusniati, Indianto Sosiologi Jilid I kelas X Yusniati, Indianto Pengantar Sosiologi Soerjono Soekanto |
SILABUS
Sekolah : SMA/MA MGMP Batola
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Program : X / Umum
Semester : II (Dua)
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
Standar Kompetensi 1 : Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian
No | Kompetensi Dasar | Materi pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan / Alat | |
JenisTagihan | Bentuk | |||||||
2.1 | Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian | · Sosialisasi dan pembentukan kepribadian | · Secara individu mengamati proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian di lingkungan terdekat · Secara individu menceritakan hasil pengamatan tentang proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian · Secara kelompok mendiskusikan tentang pembentukan kepribadian dengan kebudayaan · Secara kelompok mendiskusikan hubungan sosialisasi dengan pembentukan kepribadian. | · Mendifinisikan sosialisasi dan pembentukan kepribadian · Menyebutkan faktor-faktor pembentukan kepribadian · Menjelaskan pengaruh kebudayaan terhadap pembentukan kepribadian · Menjelaskan pengaruh sosialisasi terhadap pembentukan kepribadian | Tugas individu Tugas kelompok Ulangan | Lembar pengamatan Laporan diskusi PG dan uraian | 6 jam pelajaran 6 jam pelajaran 2 jam pelajaran | Sosiologi Jilid I kelas X Yusniati, Indianto Pengantar Sosiologi Soerjono Soekamto Koran Internit CD |
No | Kompetensi Dasar | Materipokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan / Alat | |
Jenis Tagihan | Bentuk | |||||||
2.2 | Mendiskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial | · Perilaku menyimpang | · Secara individu menggali informasi melalui data kepustakaan dan media massa tentang perilaku menyimpang · Secara individu mengamati perilaku menyimpang yang terjadi di masyarakat sekitar · Secara individu mengungkapkan kembali hasil pengamatan yang di dapat di masyarakat sekitar. · Secara kelompok mendiskusikan jenis-jenis perilaku menyimpang · Secara kelompok diskusi untuk menyimpulkan solusi yang tepat untuk menanggulangi terjadinya perilaku menyimpang. | · Mengidentifikasikan terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi yang tidak sempurna · Mengklasifikasikan jenis-jenis perilaku menyimpang · Menyebutkan cara-cara untuk menanggulangi terjadinya perilaku menyimpang | Tugas individu Tugas kelompok Tugas kelompok Ulangan | Performan dan laporan hasil pengamatan Laporan kuis Laporan PG dan uraian | 6 jam pelajaran 6 jam pelajaran 2 jam pelajaran | Pengantar Sosiologi Soerjono Soekamto Sosiologi Jilid I kelas X Yusniati, Indianto Pengantar Sosiologi Soerjono Soekamto |
No | Kompetensi Dasar | Materi pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan / Alat | |
Jenis Tagihan | Bentuk | |||||||
2.3 | Menerapkan aturan-aturan sosial dalam kehidupan bermasyarakat | · Aturan –aturan sosial dalam kehidupan bermasyarakat. | · Secara klasikal menggali informasi melalui kajian yang terjadi di masyarakat tentang pengendalian sosial · Secara Klasikal mengkomunikasikan secara lisan dan tulisan tentang jenis-jenis lembaga pengendalian sosial yang ada di masyarakat · Secara kelompok menggali informasi melalui wawancara dengan guru BK,Kepala Sekolah, Pembina Kesiswaan tentang cara-cara pengendalian sosial. · Secara klasikal mendiskusikan peran guru BK, Kepala Sekolah,Pembina kesiswaan dalam menangani kasus sekolah. · Bekerjasama antar siswa menyimpulkan solusi yang paing tepat dalam mengendalikan sosial yang terjadi di sekolah. · Secara individu memberikan opini atau ulasan tentang akibat tidak berfungsinya lembaga pengendalian sosial. · Secara klasikal melalui ulasan tentang tidak berfungsinya lembaga pengendalian sosial. | · Menyebutkan Jenis-jenis lembaga pengendalian sosial · Menyebutkan berbagai cara pengendalian sosial Menjelaskan akibat tidak berfungsinya lembaga sosial | Tugas individu Tugas individu / Kelompok Tugas individu | Resume Performen Portofolio laporan Resume Performen | 2 jam pelajaran 4 jam pelajaran 6 jam pelajaran | Sosiologi pengantar Kelas X Instansi/Lembaga . Media cetak dan elektronik Sosiologi pengantar Kelas X |
No | Kompetensi Dasar | Materipokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan / Alat | |
Jenis Tagihan | Bentuk | |||||||
| | | · Secara individu melalui wawancara dengan RT, RW tentang aturan-aturan sosia dalam kehidupan masyarakat. · Secara klasikal melalui ulasan tentang hasil wawancara melalui RT, RW tentang aturan aturan sosial dalam kehidupan masyarakat, | · Menjelaskan aturan –aturan sosial dalam kehidupan masyarakat | Ulangan | PG dan Uraian | 2 Jam Pelajaran | |
Mengetahui, Batola, 2009
Kepala Sekolah SMA/MA ……………… Guru Mata Pelajaran
………………………………………… …………………………………........
NIP. ...................................................... NIP. ....................................................
SILABUS
Sekolah : SMA / MA MGMP Batola
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Program : XI / Ilmu Sosial
Semester : 1 (Satu)
Alokasi Waktu : 3 x 45 Menit
Standar Kompetensi 1 : Memahami struktur sosial serta berbagai penyebab konflik dan mobilitas sosial
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat | |||
Jenis Tagihan | Bentuk | |||||||||
1.1 | Mendiskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat | · Struktur sosial : Diferensiasi sosial dan Stratifikasi sosial | · Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang diferensiasi dan stratifikasi sosial di masyarakat · Secara individu mengamati diferensiasi sosial dalam kehidupan masyarakat · Secara individu mengamati stratifikasi sosial dalam kehidupan masyarakat. · Secara kelompok mendiskusikan diferensiasi sosial berdasarkanras,etnis, agama, gender,marga/ klan, profesi dan umur. · Secara kelompok mendiskusikan macam-macam kriteria stratifikasi sosial di masyarakat. | · Mendiskripsikan diferensiasi sosial · Mendiskripsikan stratifikasi sosial · Menjelaskan diferensiasi sosial berdasarkan ras,etnis,agama, gender,marga/klan, profesi dan umur · Menyebutkan macam-macam kriteria stratifikasi sosial di masyarakat | · Tugas individu · Tugas Kelompok · Tugas individu | -Portofolio - Laporan tertulis - Laporan hasil diskusi | 3 jam pelajaran 3 jam Pelajaran 3 jam Pelajaran | Sosiologi Jilid I kelas XI Yusniati, Indianto Sosiologi Kamanto Sunarto Sosiologi Kamanto Sunarto | ||
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat | |||
Jenis Tagihan | Bentuk | |||||||||
1.2 | Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masayarakat | · Konflik Sosial | · Secara klasikal mendiskusikan berbagai pengaruh diferensiasi dan stratifikasi sosial yang terdapat di masyarakat. · Secara individu menggali informasi melalui pengamatan tentang konsolidasi dan interseksi yang ada di dalam masayarakat · Secara individu mengklasifikasikan konsolidasi dan interseksi yang terjadi di dalam masayarakat · Secara kelompok mengkaji contoh kasus konflik yang terjadi di masyarakat · Berdiskusi secara kelompok untuk mengklasifikasikan berbagai konflik dalam masyarakat. · Secara klasikal mendiskusikan konflik dan kekerasan · Secara individu menyimpulkan hasil diskusi tentang konflik dan kekerasan · Secara klasikal mengkaji sebab-sebab terjadinya konflik di masyarakat · Secara kelompok mensimulasikan sebab-sebab terjadinya konflik dalam | · Mendiskusikan berbagai pengaruh diferensiasi dan stratifikasi sosial yang terdapat di masayarakat · Membedakan konsolidasi dan interseksi yang terjadi di dalam masayarakat · Menjelaskan berbagai konflik dalam masyarakat · Membedakan konflik dengan kekerasan · Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya konflik dalam masyrakat. | Tugas Kelompok Tugas indivudu Ulangan Tugas Kelompok Tugas Individu Tugas Kelompok | Laporan Portofolio PG dan Uraian singkat Laporan singkat kuis Performen Bermain Peran | 3 jam Pelajaran 3 jam pelajaran 2 jam pelajaran 6 jam pelajaran 6 jam pelajaran 3 Jam Pelajaran | Pengantar Sosiologi Sosiologi XI Sosiologi XI | ||
| | | | | | | | | ||
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat | |||
JenisTagihan | Bentuk | |||||||||
1.3 | Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial | · Hubungan antara stuktur sosial dengan mobilitas sosial | masyarakat · Secara kelompok memeberikan solusi terbaik · Secara klasikal mengamati visual tentang hubungan struktur sosial dengan mobilitas sosial. · Mendiskusikan secara kelompok tentang hasil pangamatan visual. · Menyimpulkan hasil diskusi dari visual tentang hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial. · Secara individu dapat membedakan mobilitas masyarakat kota dengan masyarakat desa. · Secara individu mengkaji dampak mobilitas sosial pada kehidupan masyarakat kota melalui visual yang ditayangkan. · Secara individu mengungkapkan dalam bentuk tulisan tentang dampak mobilitas sosial. | · Menyebutkan jenis-jenis mobilitas sosial. · Mendiskripsikan proses terjadinya proses mobilitas sosial. · Menjelaskan dampak mobilitas sosial | Ulangan Tugas Individu Tugas Individu Ulangan | PG dan Uraian Portofolio Portofolio PG dan Uraian | 2 jam pelajaran 9 Jam Pelajaran 6 Jam Pelajaran 2 Jam Pelajaran | Artikel dari Koran dan internet Gambar,foto CD Masyarakat setempat Data Instansi/Lembaga Gambar,foto CD, Masyarakat setempat | ||
SILABUS
Sekolah : SMA / MA MGMP Batola
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Program : XI / Ilmu Sosial
Semester : II (dua)
Alokasi Waktu : 3 x 45 Menit
Standar Kompetensi 2 : Menganalisis Kelompok Sosial dalam Masayarakat Multikultural
No | Kompetensi Dasar | Materipokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan / Alat | |||
JenisTagihan | Bentuk | |||||||||
2.1 2.2 | Mendiskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masayarakat multikultural Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural | · Kelompok sosial dalam masaryarakat multikultural | · Secara individu menggali informasi melalui studi kepustakaan dan media massa tentang masyarakat multikultural. · Secara kelompok menggali informasi melalui study kepustakaan dan media massa tentang penyebab terjadinya masyarakat multikultur. · Secara kelompok merumuskan pengertian dan ciri-ciri masyarakat multikultur · Secara kelompok membuat tulisan melalui studi pustaka tentang keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagaian batar, tengah dan timur. · Secara klasikal mendiskusikan hasil tulisan tentang keanekaragaman suku bangsa di | · Menyebutkan ciri-ciri masayarakat multikultural · Menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan terebentuknya masyarakat multikultur · Mendiskripsikan keaneka ragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur | Tugas individu dan kelompok Tugas kelompok Ulangan harian Tugas kelompok | Performan Laporan Laporan Performan PG dan Uraian singkat Laporan | 10 jam pelajaran 10 jam pelajaran 2 jam pelajaran 10 jam pelajaran | Sosiologi XI Gambar Sosiologi XI Presfiktif tentang perubahan sosial budaya Sosiologi Pengantar | ||
No | Kompetensi Dasar | Materipokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat | |||
Jenis Tagihan | Bentuk | |||||||||
2.3 | Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural. | | Indonesia bagian batar, tengah dan timur. · Secara klasikal menguraikan konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial · Secara individu mengungkapkan satu contoh kasus keanekaragaman kelompok sosial. · Secara individu mengemukakan gagasan dalam penanganan kasus yang diakibatkan dari keanekaragaman kelompok sosial | · Menjelaskan konsekuensi perubahan sosial, ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial · Menjelaskan dengan contoh kasus keanekaragaman kelompok sosial | Tugas individu dan kelompok Ulangan Tugas individu Ulangan | Performan PG dan Uraian singkat Performan PG dan Uraian singkat | 10 jam pelajaran 2 jam pelajaran 20 jam pelajaran 2 jam pelajaran | Hartika, Pendidikan Kebudayaan dan masyarakat madani Indonesia. Sosiologi XI | ||
Mengetahui, Batola, 2009
Kepala Sekolah SMA/MA ……………… Guru Mata Pelajaran
………………………………………… …………………………………........
NIP. …………………………………... NIP. ...................................................
SILABUS
Sekolah : SMA / MA MGMP Batola
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Program : XII / Ilmu Sosial
Semester : 1 (Satu)
Alokasi Waktu : 3 x 45 Menit
Standar Kompetensi 1 : Memahami Dampak Perubahan Sosial
No | Kompetensi Dasar | Materipokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat | |
Jenis Tagihan | Bentuk | |||||||
1.1 1.2 | Menjelaskan proses perubahan sosial di masayarakat Menganalisis dampak perubahan sosial terhadap kehidupan masyarakat | · Perubahan sosial · Dampak perubahan sosial | · Secara individu mencari contoh kasus di masyarakat tentang perubahan sosial · Secara klasikal mengolongkan bentuk-bentuk perubahan sosial sesuai kasus yang diperoleh dari masyarakat. · Secara individu mencari contoh kasus tentang faktor pendorong perubahan sosial. · Secara klasikal menguraikan tentang faktor pendorong perubahan sosial · Secara individu mencari contoh kasus tentang faktor penghambat perubahan sosial · Secara klasikal menguraikan tentang faktor penghambat perubahan sosial · Secara individu menjelasakan akibat perubahan sosial secara umum | · Menjelaskan bentuk-bentuk perubahan sosial · Memberikan contoh faktor pendorong perubahan sosial · Memberi contoh faktor-faktor penghambat perubahan sosial · Memberi contoh kasus dampak perubahan sosial | · Tugas individu · Tugas individu · Tugas individu Ulangan · Tugas individu | -Performan Performan Portofolio PG dan Uraian Portofolio | 6 jam pelajaran 6 jam pelajaran 3 jam Pelajaran 2 jam pelajaran 6 jam Pelajaran | Pengantar Sosio logi Kamanto Sunarto Pengantar Sosio logi Kamanto Sunarto |
No | Kompetensi Dasar | Materipokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat | |
Jenis Tagihan | Bentuk | |||||||
| | | · Secara individu melakukan pengamatan perkembangan IPTEK, pendidikan,sistem pemerintahan dll, sebagai dampak perubahan sosial. · Secara klasikal menguraikan hasil pengamatan dari kasus dampak perubahan sosial. · Secara kelompok mendiskusikan contoh-contoh globalisasi. · Secara kelompok mengklasifikasikan contoh-contoh globalisasi yang dapat mengancam eksistensi jati diri bangsa · Secara individu mengkaji kasus yang dapat menghambat terjadinya integrasi. · Secara individu mengemukakan gagasan untuk mengatasi memudarnya jati diri bangsa melalui kasus. · Secara klasikal menyimpulkan cara-cara untuk mengatasi memudarnya jati diri bangsa. | · Menjelaskan tentang globalisasi terhadap eksistensi jati diri bangsa · Mengemukakan gagasan atau pemikiran untuk mengatasi memudarnya jati diri bangsa. | Tugas kelompok Tugas Individu Ulangan | Laporan Performan PG dan Uraian | 6 jam pelajaran 3 jam Pelajaran 2 jam Pelajaran | Pengantar Sosio logi Kamanto Sunarto Sosio logi Sitematik |
Sekolah : MGMP Sosiologi SMA/MA Batola
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Program : XII / Ilmu Sosial
Semester : 1 (Satu)
Alokasi Waktu : 3 x 45 Menit
Standar Kompetensi 2 : Memahami Lembaga Sosial
No | Kompetensi Dasar | Materipokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat | |
Jenis Tagihan | Bentuk | |||||||
2.1 2.2 2.3 | Menjelaskan hakekat lembaga sosial Mengklasifikasikan tipe-tipe lembaga sosial Mendiskripsikan peran dan fungsi lembaga sosial | Lembaga Sosial | · Secara individu menggali informasi melalui data kepustakaan atau media massa tentang lembaga sosial. · Secara individu menceritakan hasil pengamatan tentang pembentukan lembaga sosial. · Secara kelompok melakukan kunjungan lembaga politik (Parpol) dan ekonomi (Bank/koperasi) · Secara kelompok mengungkapkan peran dan fungsi lembaga politik dan ekonomi yang di kunjungi. | · Menjelaskan pengertian lembaga sosial · Menjelaskan proses pembentukan lembaga sosial · Menyebutkan tipe-tipe lembaga sosial · Menguraikan hubungan antar lembaga sosial · Menguraikan pentingnya peran dan fungsi lembaga keluarga, agama, pendidikan, politik, ekonomi dalam hidup bermasyarakat | Tugas individu Tugas kelompok Ulangan | Performan Laporan singkat Performan PG dan Uraian singkat | 10 jam pelajaran 2 jam pelajaran 2 jam pelajaran 2 jam pelajaran | Instansi,lembaga. Gambar, CD Media cetak dan internet Pengantar Sosiologi Soerjono Soekamto |
SILABUS
Sekolah : MGMP Sosiologi SMA/MA Batola
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Program : XII / Ilmu Sosial
Semester : II (dua)
Alokasi Waktu : 3 x 45 Menit
Standar Kompetensi 2 : Mempraktikan metode penelitian sosial
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat | |
Jenis Tagihan | Bentuk | |||||||
3.1 3.2 | Merancang metode penelitian sosial secara sederhana Melakukan penelitian sosial secara sederhana. | Penelitian Sosial | · Secara individu menggali informasi melalui study kepustakaan dan media massa tentang penelitian sosial secara sederhana. · Secara kelompok mengidentifikasi kasus sosial budaya sebagai bahan penelitian · Secara kelompok merumuskan rancangan penelitian, metode, mengumoulkan dan pengolahan data hasil penelitian sosial. | · Merumuskan rancangan penelitian secara sederhana · Melaksanakan penelitian sosial secara sederhana. | Tugas individu Ulangan Tugas kelompok | Laporan dan presentasi PG dan Uraian Laporan dan presentasi | 10 jam pelajaran 2 jam pelajaran 10 jam pelajaran | Buku yang relevan dan internet Pengantar Sosiologi Soerjono Soekamto |
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/Alat | |
Jenis Tagihan | Bentuk | |||||||
3.3 | Mengkomonikasikan hasil penelitian sosial secara sederhana | | · Secara kelompok membuat laporan hasil penelitian · Secara kelompok mempresentasikan laporan hasil penelitian | · Membuat laporan penelitian sosial secara sederhana · Mempresentasikan hasil pepelitian sosial secara sederhana. | Tugas keompok Ulangan | Laporan dan presenta PG dan Uraian | 2 jam pelajaran 2 jam pelajaran | Media cetak hasil-hasil penelitian, skripsi, laporan, karya tulis, Tesis |
Mengetahui, Batola, 2009
Kepala Sekolah SMA/MA ……………… Guru Mata Pelajaran
………………………………………… …………………………………........
NIP. …………………………………... NIP. ...................................................
0 komentar:
Posting Komentar