Minggu, 20 Maret 2011

PROG. TAHUNAN



ALOKASI WAKTU PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran                    : Sosiologi
Satuan Pendidikan                        : SMA/ MA  MGMP BATOLA
Kelas / Jurusan                  : X  (Sepuluh)/Umum
Tahun Pelajaran                 : 2009/2010



NO
BULAN
JLH MINGGU
MINGGU EFEKTIF
MINGGU TIDAK EFEKTIF
KETERANGAN
1
2
3
4
5
6
Juli   2009
Agustus
September
Oktober
November
Desember
5
4
5
5
4
5
1
2
1
5
4
5
4
2
4
-
-
-
Semester I
18 mggu x 2 JP = 36 JP

7
8
9
10
11
12
Januari 2010
Pebruari
Maret
April
Mei
Juni
4
4
5
4
4
5
3
4
5
2
3
5
1
-
-
2
1
-
Semester II
22 mggu x 2 JP = 44JP

JUMLAH
54
40
14




                Mengetahui,                                                  Batola,     juli 2009
          Kepala Sekolah SMA/MA ………………                 Guru Mata Pelajaran



          …………………………………………                          …………………………………........
          NIP. …………………………………                          NIP. ....................................


               



PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran           : Sosiologi
Satuan Pendidikan      : SMA / MA  MGMP Batola
Kelas / Jurusan          : X  (Sepuluh)/Umum
Tahun Pelajaran         : 2009/2010
No
Semester
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
1.
1





1.     Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yan mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan
·          Mendifinisikan sosiologi sebagai ilmu dan metode
·          Menjelaskan hubungan berbagai konsep tentang realitas sosial
·          Mengidentifikasi data tentang realitas sosial masyarakat
·          Ulangan Harian (Per KD) 2 JP
2.   Mendiskripsikan nilai dan norma yang berlaku
      dalam masyarakat
·          Menjelaskan pengertian nilai dan norma
·          Menyebutkan  nilai dan norma
·          Membedakan nilai dan norma
·          Memberikan contoh peran nilai dan norma dalam masyarakat
·          Mengklasifikasikan kasus-kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
·          Ulangan Harian (Per KD) 2 JP
3.   Mendiskripsikan proses interaksi sosial  sebagai
dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial.
·          Mendifinisikan inetraksi sosial dan dinamika  sosial
·          Menjelaskan factor-faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial dan dinamika sosial
·         Menjelaskan hubungan antara interaksi sosial dan keteraturan sosial.
·          Ulangan Harian (Per KD) 2 JP
·          Ulangan Umum Semester 1

 
  10 + 2 JP




  10 + 2 JP






  10 + 2 JP


Jumlah
     36 JP
2
2
1.      Mejelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian
·          Mendifinisikan sosialisasi dan pembentukan kepribadian
·          Menyebutkan  faktor-faktor pembentukan kepribadian
·          Menjelaskan pengaruh kebudayaan terhadap pembentukan kepribadian
·          Menjelaskan pengaruh sosialisasi terhadap pembentukan kepribadian
·          Ulangan Harian (Per KD) 2 JP
2.      Mendiskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti  sosial
·          Mengidentifikasikan terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi yang tidak sempurna
·          Mengklasifikasikan  jenis-jenis perilaku menyimpang
·          Menyebutkan  cara-cara untuk menanggulangi terjadinya perilaku menyimpang
·          Ulangan Harian (Per KD) 2 JP
3.      Menerapkan aturan-aturan sosial  dalam kehidupan bermasyarakat
·          Menyebutkan   jenis-jenis lembaga pengendalian sosial
·          Menyebutkan   berbagai cara pengendalian sosial
·          Menjelaskan  akibat tidak berfungsinya lembaga sosial
·          Menjelaskan  aturan-aturan sosial dalam kehidupan masyarakat.
·          Ulangan Harian (Per KD) 2 JP  
·          Ulangan Umum kenaikan kelas   2 JP       


  12 + 2 JP




  12 + 2 JP




  14 + 2 JP


Jumlah
   44 JP






            Mengetahui,                                                                   Batola,     juli 2009
            Kepala Sekolah SMA/MA ………………                                Guru Mata Pelajaran


            …………………………………………                                        …………………………………........
            NIP. …………………………………                                         NIP. ....................................
RINCIAN MINGGU EFEKTIF

Mata Pelajaran             : Sosiologi
Satuan Pendidikan        : SMA/MA MGMP Batola
Kelas /semester            : X (Sepuluh) Umum / I
Tahun Pelajaran            : 2009/2010

Perhitungan Alokasi Waktu

  1. Banyaknya pekan dalam  semester

No
Nama Bulan
Banyak Bulan
1.
2
3.
4.
5.
6.
Juli
Agustus     
September
Oktober
,Nopember
Desember


5
4
5
5
4
5

Jumlah
28 minggu

  1. Banyaknya pekan yang tidak efektif dalam semester

No
Nama Bulan
Banyak Pekan
Keterangan
1
2.
3.
Juli
Agustus
September

4
2
4
Libur semester II, MOS
Libur awal Puasa minggu ke -3
Libur akhir puasa minggu ke -3
Libur Idul Fitri minggu ke -4

  1. banyaknya pecan yang efektif
28 pekan – 10 pekan = 18 pekan/minggu

  1. Banyaknya jam pelajaran fektif
18 pekan x 2 jam pelajaran = 36  jam pelajaran


          Mengetahui,                                                  Batola,     juli 2009
          Kepala Sekolah SMA/MA ………………                 Guru Mata Pelajaran



          …………………………………………                          …………………………………........
          NIP. …………………………………                          NIP. ....................................


RINCIAN MINGGU EFEKTIF

Mata Pelajaran             : Sosiologi
Satuan Pendidikan        : SMA / MA MGMP Batola
Kelas / Semester          : X (Sepuluh)/II
Tahun Pelajaran            : 2009/2010

Perhitungan Alokasi Waktu

1.  Banyaknya pekan dalam  semester

No
Nama Bulan
Banyak Bulan
1.
2
3.
4.
5.
6.
Januari
Pebruari     
Maret
April
Mei
Juni


4
4
5
5
4
5

Jumlah
26 minggu

2. Banyaknya pekan yang tidak efektif dalam semester

No
Nama Bulan
Banyak Pekan
Keterangan
1
2.
3.
Januari
April
Mei
1
2
1
 Libur semester I,  minggu ke 1
 UN - UAS  minggu ke 2-3
 Pembagian raport

3. Banyaknya pecan yang efektif
26 pekan – 4 pekan = 22 pekan

4. Banyaknya jam pelajaran fektif
22 pekan x 2 jam pelajaran = 44  jam pelajaran


          Mengetahui,                                                  Batola,     juli 2009
          Kepala Sekolah SMA/MA ………………                 Guru Mata Pelajaran



          …………………………………………                          …………………………………........
          NIP. …………………………………                          NIP. ....................................

ALOKASI WAKTU PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran        : Sosiologi
Satuan Pendidikan            : SMA / MA   MGMP BATOLA
Kelas / Jurusan      : XI  (Sebelas )/Ilmu Sosial
Tahun Pelajaran     : 2009/2010


NO
BULAN
JLH MINGGU
MINGGU EFEKTIF
MINGGU TIDAK EFEKTIF
KETERANGAN
1
2
3
4
5
6
Juli   2009
Agustus
September
Oktober
November
Desember
5
4
5
5
4
5
1
2
1
5
4
5
4
2
4
-
-
-
Semester I
18 mggu x 3JP = 54 JP

7
8
9
10
11
12
Januari 2010
Pebruari
Maret
April
Mei
Juni
4
4
5
4
4
5
3
4
5
2
3
5
1
-
-
2
1
-
Semester II
22 mggu x 3 JP = 66JP

JUMLAH
54
40
14





                Mengetahui,                                                  Batola,     juli 2009
          Kepala Sekolah SMA/MA ………………                 Guru Mata Pelajaran



          …………………………………………                          …………………………………........
          NIP. …………………………………                          NIP. ....................................






PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran           : Sosiologi
Satuan Pendidikan      : SMA / MA
Kelas /Jurusan           : XI / IS (Ilmu Sosial)
Tahun Pelajaran         : 2009/2010
No
Semester
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
1.
1





1.      Mendiskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial                                                                                                                                                                                                    dalam fenomena  kehidupan masyarakat
·        Mendiskripsikan struktur sosial
·          Mendiskripsikan diferensiasi sosial
·          Mendiskripsikan  stratifikasi sosial
·          Mendiskripsikan Diferensiasi sosial berdasarkan ras, etnis, agama, dan gender
·          Menyebutkan  macam-macam kriteria stratifikasi sosial di masyarakat
·          Mendiskusikan  berbagai pengaruh diferensiasi sosial yang terdapat di masyarakat
·          Membedakan konsolidasi dan interseksi yang terjadi di dalam masyarakat
·          Ulangan Harian ( Per KD) 2 JP
2.     Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat    
·          Menjelaskan  berbagai konflik dalam masyarakat
·          Membedakan  konflik dengan kekerasan
·          Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya konflik dalam masyarakat
·          Menyebutkan  faktor pendorong terjadinya intergrasi sosial
·          Ulangan Harian ( Per KD)  2 JP
3.    Menganalisis hubungan antara struktur sosial      
      dengan mobilitas sosial
·          Menyebutkan  jenis-jenis mobilitas sosial
·          Mendeskripsikan proses terjadinya mobilitas sosial
·          Menjelaskan  dampak mobilitas sosial
·          Ulangan Harian ( Per KD) 2 JP
·         Ulangan Umum  semester sosial



  16 + 2 JP






  16 + 2 JP






  16 + 2 JP

Jumlah
   54 jp
2
2
1       Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam  masyarakat multikultur
·           Menyebutkan ciri-ciri masyarakat multikultur
·           Menjelaskan faktor-faktor yang menyebakan terjadinya masyarakat multikultur
·           Ulangan  Harian  (Per KD) 2 JP
2       Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultur
·            Mendiskripsikan perkembangan   keaneka ragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat,    tengah  dan timur
·            Menjelaskan konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap        perkembangan kelompok sosial
·           Ulangan Harian (Per KD)  2 JP
3       Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat  multikultur
·           Menjelaskan dengan contoh kasus keanekaragaman kelompok sosial
·           Ulangan Harian (Per KD)  2 JP
·           Ulangan Umum kenaikan kelas
           


  20 + 2 JP





   20 + 2 JP





  20 + 2 JP


Jumlah
   66 jp





           
           

            Mengetahui,                                                   Batola,     juli 2009
          Kepala Sekolah SMA/MA ………………                             Guru Mata Pelajaran


          …………………………………………                                      …………………………………........
          NIP. …………………………………                             NIP. ....................................



RINCIAN MINGGU EFEKTIF

Mata Pelajaran             : Sosiologi
Satuan Pendidikan        : SMA / MA MGMP Batola
Kelas /semester            : XI IS (Sebelas Ilmu Sosial)/ Ganjil
Tahun Pelajaran            : 2009/2010

Perhitungan Alokasi Waktu

1. Banyaknya pekan dalam  semester

No
Nama Bulan
Banyak Bulan
1.
2
3.
4.
5.
6.
Juli
Agustus     
September
Oktober
Nopember
Desember


5
4
5
5
4
5

Jumlah
    28 minggu

2. Banyaknya pekan yang tidak efektif dalam semester

No
Nama Bulan
Banyak Pekan
Keterangan
1
2.
3.
Juli
Agustus
September

4
2
4
Libur semester II, MOS
Libur awal Puasa minggu ke -3
Libur akhir puasa minggu ke -3
Libur Idul Fitri minggu ke -4

3. banyaknya pekan yang efektif
28 pekan – 10 pekan = 18 pekan

4. Banyaknya jam pelajaran fektif
18 pekan x 3 jam pelajaran = 54 jam pelajaran



          Mengetahui,                                                  Batola,     juli 2009
          Kepala Sekolah SMA/MA ………………                 Guru Mata Pelajaran



          …………………………………………                          …………………………………........
          NIP. …………………………………                          NIP. ....................................

RINCIAN MINGGU EFEKTIF

Mata Pelajaran             : Sosiologi
Satuan Pendidikan        : SMA /MA MGMP Batola
Kelas / Semester          : XI IS/ Genap
Tahun Pelajaran            : 2009/2010

Perhitungan Alokasi Waktu

1.. Banyaknya pekan dalam  semester

No
Nama Bulan
Banyak Bulan
1.
2
3.
4.
5.
6.
Januari
Pebruari     
Maret
April
Mei
Juni


4
4
5
4
4
5

Jumlah
26 minggu

2.  Banyaknya pekan yang tidak efektif dalam semester

No
Nama Bulan
Banyak Pekan
Keterangan
1
2.
3.
Januari
April
Juni
1
2
1
Libur semester I,  minggu ke 1
UN - UAS  minggu ke 2-3
Pembagian raport

3.  banyaknya pekan yang efektif
26 pekan – 4 pekan = 22 pekan

4.  Banyaknya jam pelajaran fektif
22 pekan x 3 jam pelajaran = 66  jam pelajaran


          Mengetahui,                                                  Batola,     juli 2009
          Kepala Sekolah SMA/MA ………………                 Guru Mata Pelajaran



          …………………………………………                          …………………………………........
          NIP. …………………………………                          NIP. ....................................


ALOKASI WAKTU PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran        : Sosiologi
Satuan Pendidikan            : SMA / MA   MGMP BATOLA
Kelas / Jurusan      : XII  (Dua Sebelas )/Ilmu Sosial
Tahun Pelajaran     : 2009/2010



NO
BULAN
JLH MINGGU
MINGGU EFEKTIF
MINGGU TIDAK EFEKTIF
KETERANGAN
1
2
3
4
5
6
Juli   2009
Agustus
September
Oktober
November
Desember
5
4
5
5
4
5
1
2
1
5
4
5
4
2
4
-
-
-
Semester I
18 mggu x 3JP = 54 JP

7
8
9
10
11
12
Januari 2010
Pebruari
Maret
April
Mei
Juni
4
4
5
4
4
5
3
4
5
2
3
5
1
-
-
2
1
-
Semester II
22 mggu x 3 JP = 66JP

JUMLAH
54
40
14





                Mengetahui,                                                  Batola,     juli 2009
          Kepala Sekolah SMA/MA ………………                 Guru Mata Pelajaran



          …………………………………………                          …………………………………........
          NIP. …………………………………                          NIP. ....................................





PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran           : Sosiologi
Satuan Pendidikan      : SMA /MA  MGMP Batola
Kelas / Jurusan          : XII/IS (Ilmu Sosial)
Tahun Pelajaran         : 2009/2010

No
Semester
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
1.
1





1.   proses perubahan sosial di    masyarakat
·          Menjelaskan  bentuk-bentuk perubahan sosial
·          Memberikan contoh  faktor pendorong perubahan sosial
·          Memberi  contoh faktor-faktor penghambat perubahan sosial
·          Ulangan harian per KD
 2.     Menganalisis dampak perubahan   menjelaskan sosial terhadap              kehidupan Masyarakat.
·          Memberi contoh kasus dampak perubahan sosial
·          Mengidentifikasi tantangan globalisasi terhadap eksistensi jati diri bangsa
·          Ulangan harian per KD
 3.    Menjelaskan hakekat lembaga
·          Menjelaskan pengertian lembaga sosial
·          Menjelaskan proses pembentukan lembaga sosial
·          Ulangan harian Per KD
4.     Mengklasifikasikan tipe-tipe lembaga sosial
·          Menyebutkan  tipe-tipe lembaga sosial
·          Menguraikan hubungan antar lembaga sosial
·          Ulangan harian per KD
5.     Mendeskripsikan  peran dan fungsi lembaga sosial
·          Menguraikan pentingnya peran dan fungsi lembaga keluarga, agama, pendidikan, politik-ekonomi dalam bermasyarakat
·         Ulangan Umum Semester 1

8  + 2 JP



9  + 2 JP



9  + 2 JP


9  + 2 JP



9  + 2 JP

Jumlah
 54  JP
2
2
1.      Merancang metode penelitian sosial secara sederhana
·          Merumuskan rancangan penelitian sosial  secara sederhana
·          Ulangan harian ( per KD)
2.      Melakukan penelitian sosial secara sederhana
·          Melaksanakan penelitian sosial secara sederhana
3.      Mengkomunikasikan hasil penelitian sosial  secara sederhan
·          Membuat laporan penelitian sosial secara sederhana
·          Mempresentasikan hasil penelitian sosial secara sederhana
·          Ulangan  harian (per KD)
·          Ulangan umum kenaikan kelas
           
 20 + 2


20 + 2

20 + 2


Jumlah
 66  JP








            Mengetahui,                                                   Batola,     juli 2009
          Kepala Sekolah SMA/MA ………………                             Guru Mata Pelajaran


          …………………………………………                                      …………………………………........
          NIP. …………………………………                             NIP. ....................................








RINCIAN MINGGU EFEKTIF

Mata Pelajaran             : Sosiologi
Satuan Pendidikan        : SMA / MA MGMP Batola
Kelas /semester            : XII IS (Ilmu Sosial)/ Ganjil
Tahun Pelajaran            : 2009/2010

Perhitungan Alokasi Waktu

1. Banyaknya pekan dalam  semester

No
Nama Bulan
Banyak Bulan
1.
2
3.
4.
5.
6.
Juli
Agustus     
September
Oktober
Nopember
Desember


5
4
5
5
4
5

Jumlah
28 minggu

2. Banyaknya pekan yang tidak efektif dalam semester

No
Nama Bulan
Banyak Pekan
Keterangan
1
2.
3.
Juli
September
Oktober

4
2
4
Libur semester II, MOS
Libur awal Puasa minggu ke -4
Libur akhir puasa minggu ke -3
Libur Idul Fitri minggu ke -4

3. banyaknya pecan yang efektif
28 pekan – 10 pekan = 18 pekan

4. Banyaknya jam pelajaran fektif
18 pekan x 3 jam pelajaran = 54 jam pelajaran


Mengetahui,                                                  Alalak,   juli 2009
Kepala SMA/MA…………                                   Guru Mata Pelajaran


…………………………………………….                      …………………………………………..
NIP………………………………………                       NIP……………………………………….



RINCIAN MINGGU EFEKTIF

Mata Pelajaran             : Sosiologi
Satuan Pendidikan        : SMA Negeri Alalak
Kelas / Semester          : XII IS/ Genap
Tahun Pelajaran            : 2009/2010

Perhitungan Alokasi Waktu

1. Banyaknya pekan dalam  semester

No
Nama Bulan
Banyak Bulan
1.
2
3.
4.
5.
6.
Januari
Pebruari     
Maret
April
Mei
Juni


4
4
5
4
4
5

Jumlah
26 minggu

2. Banyaknya pekan yang tidak efektif dalam semester

No
Nama Bulan
Banyak Pekan
Keterangan
1
2.
3.
Januari
April
Juni

1
2
1
Libur semester I,  minggu ke 1
 UN - UAS  minggu ke 2-3
Pembagian raport

3. Banyaknya pecan yang efektif
26 pekan – 4 pekan = 22 pekan

4. Banyaknya jam pelajaran fektif
22 pekan x 3 jam pelajaran = 66  jam pelajaran


Mengetahui,                                                  Batola,   juli 2009
Kepala SMA/MA…………                                   Guru Mata Pelajaran


…………………………………………….                      …………………………………………..
NIP………………………………………                       NIP……………………………………….



















































































0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates