Minggu, 20 Maret 2011

8 fakta

8 fakta kelakuan anak terhadap orang tua
  1. Anak selalu berfikir orang tuanya pilih kasih terhadap saudaranya
  2. Anak selalu merasa terkekang oleh orang tuanya
  3. Anak selalu merasa lebih pintar dan membantah nasihat orang tuanya
  4. Anak selalu merasa bahwa dirinya tidak di sayang
  5. Anak selalu memperhitungkan segala sesuatu yang telah ia lakukan untuk orang tuanya
  6. Anak selalu membingungkan harta warisan
  7. Anak selalu menganggap remeh sesuatu pekerjaan yang telah diberikan
  8. Anak selalu membentak orang tuanya saat berbicara
8 Fakta yang tidak diketahui oleh anak:
  1. Anak tidak mengerti jika dibalik sepengetahuannya orang tuanya selalu memuji anak di depan saudaranya
  2. Anak tidak mengerti bahwa semua yang di lakukan orang tuanya hanya untuk kebaikan masa depan anak
  3. Anak tidak mengerti bahwa orang tuanya telah menjalani kehidupan yang lebih keras dibanding anak
  4. Anak tidak mengerti bahwa di setiap doa dan harapan orang tua nama anak selaku di ingat
  5. Orang tua tidak pernah memberitahukan mengenai pengorbanannya selama melahirkan anda
  6. Orang tua telah mempersiapkan harta warisan untuk anaknya, hanya tinggal menunggu waktu yang tepat untuk menyerahkan
  7. Orang tua tidak rela melihat anaknya hidup bersusah – susah di tempat orang lain.
  8. Anak tidak mengerti setiap kali ia membentak, hati orang tua akan bergetar dan menyebabkan umurnya lebih pendek
Jika anda telah memahami dan merasa bersalah kepada orang tua anda. Segera..!!! Hampiri orang tua anda, peluk mereka, bisik’an kata MAAF di telinga mereka, dan berjanjilah tidak melakukannya lagi. Sebelum semuanya terlambat dan orang tua anda meninggalkan anda…!!!
Jika anda telah membaca pesan ini. Lanjutkan’lah kepada seluruh teman anda, biarkan berita ini dapat di ketahui banyak orang dan membuat anak tersadar akan perbuatannya terhadap orang tua mereka.
Love u mom
Love u dad..

Hidup Ibarat Sepeda

Hidup itu seperti naik sepeda.
Agar tetap seimbang, kau harus terus bergerak. ^_^

Cara-cara Cowok ngadepin cewek nangis

Berbagai tipe (dan cara) pria menghadapi sang wanita yg sedang menangis:
(termasuk yang manakah Anda? )
Cowok Jaim: “Plz dunk jangan bikin malu gue, masa nangis sih”
Cowok gak sabaran: “Hari gene masih nangis,plzzz dech!!?”
Cowok Sensitif: “Ikutan nangis memble”
Cowok ahli Hipnotis: “Saya hitung 1,2,3…dihitungan ketiga anda melupakan semuanya… lupakan semuanya… lupakan… OK!”
Cowok Kritis: “Nanya ada paan sih? siapa? kenapa? dimana? kemana? kok bisa sih? ya udah… ambil positifnya aja lah”
Cowok Pasrah: “Terserah Lo deh!!!”
Cowok Cuek: “Biarin Aja,paling ntar diam sendiri”
Cowok Naif: “Beliin gulali sama balon warna-warni”
Cowo gomse: dipeluk dan dikecup seluruh muka (pelan2 gitu deh), sambil berkata “if I could share ur pain .. I would”
Cowo analis: “kenapa kamu menangis? Apakah kamu menangis bahagia atau sedih? Jika bahagia, apa yang menyebabkan kamu bahagia? Jika sedih, apa yang menyebabkan kamu sedih? Sejak kapan kamu menangis? Kalo kita proyeksikan ke depan, apakah kamu akan terus menangis?”
Cowok Idaman: “Menangislah sepuasnya dipundakku, sambil tangannya melingkar melindungi si cewe (kadang meraba)”
Cowok Tajir : “Gue beliin Mobil, Handphone…ya”
Cowok Romantis: “Bacain Puisi, dinyanyiin lagu NINA BOBO”
Cowok Horny: “Dibaringin ditempat tidur del el el”
Cowok Bete: “Dipeluk sambil dibisikin `kita putus aja ya` abisnya kamu cengeng banget sih, say”
Cowok Narsis: “Sibuk ngambil foto diri sendiri pake N6600″
Cowok Dermawan: “Ngeluarin recehan sembari bilang May God Bless You…”
Cowok Kere: “Sory nih yang,aqu ga bisa beliin tissu…”
Cowok Santri: “Astagfirullah….tabahkan hatimu dinda.”
Cowok tulalit: “Kamu nangis dapet bonus apa ditinggal mati sih? Hiiii…kamu bisa juga nangis yah?”
Cowok Matre: “Cewe kere Lo… nangis mulu nyusahin gue doank”
Cowok Kejam: “Hehehehe… ini belum seberapa sayang…nanti aku bisa bikin kamu tambah sengsara sampe meraung-raung… lebih parah lagi… mau nangis lagi?”
Cowo Ilmiah : “Wah…hebat ya, ternyata honey tau juga menangis itu sehat buat bersihin mata ”
Cowo Banci: ” Aihhh Akikah jadi ikut sedih deh Neq…emang cowo2 itu pengen sedikit ditowelll biar tau rasanya kalo nangis itu bikin hidup jadi malaysiaaa (males) bow…” trus lanjutannya…”Ini Tissuenya tapi balikin yaa dari Lekong…. gw Neqqq”
Cowo kebapakan: “sini sama oom… cupcup jangan nangis lagi yah..*sambil ngusap2 rambut* ”
Cowo puitis: ” ur tears are my tears… aer matamu bagaikan sungaii bengawannn swolooooo…
Cowo Ilmuwan : ” Sayang, air matanya kumpulin pake tissu sebanyak mungkin trus di timbang volumenya untuk mengukur berapa kemampuan manusia mengeluarkan air mata dalam 1X menangis ”
Cowo bego : “sayang kok mata mu kuar aer??”
Cowo autis : malah nggak notice kalo cewenya nangis!

Gombalan Maut Berdasarkan Jurusan Kuliah

Jurusan Perminyakan: Kalo aku jadi SPBU, pasti tiap hari ada tulisan ‘CINTA HABIS’ soalnya kamu telah memborong semua cintaku.
Jurusan Sistem Informasi: Kayanya laptopku error deh, soalnya tiap mau ngetik deket-deket kamu font yg keluar selalu Times New “Romance”.
Jurusan Teknik Informatika: Ketika virus yang bernama CINTA.exe menyerang hatiku yang membuatku teringat selalu padamu.
Jurusan Teknik Elektro: Aku memang anak elektro, tapi akupun tak mengerti kenapa sentuhanmu bisa menyetrum kalbuku.
Jurusan Geofisika: perlu banyak alat untuk tahu apa isi bumi, tapi tak perlu banyak alat untukmu mengetahui isi hatiku
Jurusan Kedokteran: tanpa membedah isi hatimu pun, aku tahu kamu mencintaiku
Jurusan Teknik Lingkungan: Senyummu bagaikan global warming, yang mampu mencairkan isi hatiku.
Jurusan Seni Rupa: Kau warnai duniaku dengan cinta dan kasih sayang.
Jurusan Seni Musik: aku dan kamu bagaikan nada-nada yang bila berkumpul akan membentuk suatu harmoni
Jurusan Keperawatan: Mencintaimu bagaikan diare, tak dapat ditahan lagi.
Jurusan Farmasi: Sampai sekarang, aku belum menemukan obat untuk menyembuhkan hatiku yang kecanduan cintamu
Jurusan Kimia: Kau bagaikan alkohol yang memabukkan dan membiusku bagai eter
Jurusan Kedokteran Hewan: Aku penyayang binatang, jadi aku tidak peduli meski kamu itu buaya
Jurusan Tata Busana: Indahnya baju yang kau kenakan itu pasti seindah hati orang yang mengenakannya
Jurusan Kepolisian: aku nggak akan tilang kamu meski kamu parkir di hatiku dan otakku setiap saat
Jurusan Teknik Metalurgi: cintaku padamu tak kalah membara dibandingkan api dalam tanur
Jurusan Hukum: salah apa aku hingga aku terpenjara dalam cintaku kepadamu
Jurusan Manajemen: kalo aku jadi George R. Terry aku akan mengganti fungsi manajemen dari P.O.A.C menjadi L.O.V.E karena aku selalu teringat wajahmu.
Jurusan Pertanian: Entah sejak kapan kau tanamkan bibit cinta ini di hatiku
Jurusan Perikanan: Kamu abis mancing ya? hebat kan aku tau soalnya di kail kamu ada hati aku tuh nyangkut
Jurusan Tata Boga: Kalo teh dikasih gula kan jadi Teh Manis, coba kalo Teh dikasih kamu, pasti jadi Teh Cantik.
Jurusan Arkeologi: Aku mau masuk jurusan Arkeologi biar bisa terus menggali dimana letak cinta kamu
Jurusan Matematika: Hidupku tanpamu bagaikan cos90=0. Kau dan aku adalah sin90=1 dan selalu bersamamu adalah tan90 = tak terhingga.
Jurusan Teknik Pertambangan: kecantikanmu bagaikan intan permata yang berkilau dengan indahnya
Jurusan Psikologi: Percuma aku masuk jurusan psikologi, karena aku masih tergila-gila kepadamu
Jurusan Akuntansi: Tanpamu aku tidak sempurna, bagaikan neraca lajur yang belum disesuaikan.
Jurusan Cinematografi: andaikan kisah cinta ini kujadikan film, pasti banyak yang iri karena aku bisa mendapatkanmu.
Jurusan Fotografi: Boleh minta foto kamu? Soalnya aku mau nunjukin ke semua orang bahwa malaikat itu ada.
Jurusan Kesehatan Masyarakat : Aku rasa, setiap orang yang melihat kamu akan kebal dari semua penyakit karena vitamin Cinta yang kamu berikan.
Jurusan Sejarah: Seandainya sekarang adalah tanggal 28 Oktober 1928, aku akan ubah naskah Sumpah Pemuda menjadi Sumpah Aku Cinta Kamu.
Jurusan Biologi: Apabila kita DNA, aku tidak mau ada enzim polimerase, agar kita tidak akan terpisahkan.
Jurusan Ekonomi: Cintaku padamu bagaikan pertumbuhan ekonomi China, selalu meningkat!
Jurusan Sastra: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T V W X Y Z. oops! I Miss U..
Jurusan Geografi: Jika hatiku adalah kompas, maka kamu adalah arah Utara. Hatiku yang akan selalu mengarah kepadamu.
Jurusan Statistika: Kalau kamu tanya berapa banyak frekuensi kamu datang ke pikiranku, jujur.. cuma sekali. Soalnya gak pernah pergi lagi sih..
Jurusan Arsitektur: Aku rasa sebentar lagi ruangan ini akan bertambah sempit. Karena bunga-bunga cintaku padamu mulai tumbuh memenuhi sudut ruang ini.
Jurusan Telekomunikasi (Transmisi): HP udah dimatiin, tapi tetap diusir dari pesawat, katanya sinyal cintaku ke kamu ganggu sistem komunikasi.
Jurusan Hubungan Internasional: Aku ga perlu jauh-jauh ke Perancis buat nemuin kamu, kamu kan udah jadi Princess di hatiku.
Jurusan Agama: Lupa agama? Neraka! Lupa orang tua? Durhaka! Lupa sesama? Biasa! Tapi lupa ama kamu? Mana bisa!
Jurusan Fisika: Menurut Einstein, energi adalah massa dikali kuadrat kecepatan cahaya. Menurut Britannica, energi adalah suatu kapasitas untuk melakukan kerja. Menurut aku,energi adalah kamu…
Jurusan Perpajakan: Kalo kamu menjadi fiskus, akan selalu kulebihbayarkan pajakku agar kau terus datang dan memeriksaku (dari Siapa aja boleeee)
Jurusan Teknik Kimia: Cintaku padamu bagaikan CSTR (Continuous Stirred Tank Reactor) dengan pemanasan steam langsung dan steady state. selalu panas membara, teraduk-aduk di dalam hatiku. (dari @anggraenidevi)
Jurusan Teknik Sipil: Jembatan dibangun untuk menghubungkan dua daratan, tapi cintaku dibangunkan untuk menghubungkan dua hati. Hatiku dan hatimu. (dari herymuhendra)
Jurusan Bioteknologi: Aku tidak tahu mengapa, sepertinya kultur cinta mu ini tumbuh selalu dalam fase eksponensial di media hatiku. (dari Ninditasya)
Jurusan astronomi: Gravitasi yang terdapat pada hati kita, kunamakan itu cinta. (dari @loecalvin)
Jurusan meteorologi: Tak perlu aku takut hari terus hujan atau dingin bersalju, karena kamulah matahari jiwaku yang senantiasa bersinar. (dari @loecalvin)
Jurusan Psikologi: Pak Dosen bilang, Love itu terdiri dari Passion, Commitment, dan Intimacy… Tapi buatku tambah satu: KAMU. (dari selenatiedoll)
Jurusan Komunikasi: Aku tau semua definisi komunikasi. IP aku 4. Tapi satu yang aku ga bisa, mendefinisikan kata-kata cinta yang kamu ucapkan. Itu lebih rumit daripada definisi komunikasi menurut Theodore M. Newcomb. Tapi kamu selalu membuat aku mengerti setiap definisi, Sayang.. (dari @faizalkahfi)
Jurusan Bisnis : Kalau hatiku toko, kamulah pelanggan yang membuatnya bangkrut karena semua isinya kuberi gratis untukmu (dari Andintya)
Jurusan Teknik Mesin : Hatiku dalam mencintaimu adalah mesin yang tak pernah mati untuk bekerja. (dari Andintya)
Jurusan Farmasi : Tidak akan ada ramuan atau obat yang dapat menghentikan cintaku padamu, karena cintaku adalah ramuan tidak terlihat yang bersifat kekal. (dari Andintya)
Jurusan Sastra : seorang Kahlil Gibran pun pasti bingung untuk mendeskripsikan perasaanku padamu. terlalu dalam, merasuk kalbu, dan memabukkan. (dari Andintya)
Jurusan Penerbangan : Radar hatiku selalu bisa melacak dimana kamu berada (dari Putsce)
Jurusan Matematika : mencintai kamu itu seperti limit tak hingga. mencintai tanpa batas (dari Putsce)
Jurusan Penjas: mencintaimu itu kayak olahraga. Bikin sehat, kuat, bugar, dan senang sepanjang waktu. (dari Putsce)
Jurusan Hubungan Internasional : aku bisa berbahasa jepang, aku bisa berbahasa jerman, aku bisa berbahasa inggris, dan juga bahasa lainnya. tapi kamu tidak perlu repot belajar berbagai macam bahasa untuk mengetahui bahasa cinta ku padamu. (dari Kasena)
Jurusan Geofisika: ribuan bahkan jutaan gelombang seismik ku amati, namun hanya gelombang cinta dari mu yang menarik perhatian. (dari Aiiuye)
Jurusan komunikasi: ada aksioma komunikasi yang menyatakan “We Cannot Not Communicate” dan ada juga aksioma dari hatiku yang menyatakan “We Cannot Not Love each other” (dari widyarifianti)
Jurusan politik: Orang-orang bisa saja menggulingkanku dari kekuasaan, tapi mereka tidak bisa menggulingkan perasaanku padamu. (dari widyarifianti)
Jurusan Akuntansi: Cinta itu aneh, ibarat aktiva tak berwujud/intangible asstes yang gak bisa di amortisasi, gak bisa di susutkan n gak bisa berkurang karena kerugian. (dari rrrrr)
Jurusan Arsitektur: Kamu adalah point of interest dimataku yang mengisi void dijiwaku dan menggetarkan façade relung hatiku. (dari SemesterEnambelas)
Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan : Kamu kayak senyawa theobromin di coklat yang saya makan, kafein di kopi dan teh yang saya minum = bikin ketagihaaaannnn. (dari steppanibaretta)
Jurusan Manajemen: Walaupun aku dituntut untuk selalu bisa mengatur waktu,tetapi aku tidak bisa mengatur waktu aku yang selalu ingin bertemu dengan kamu.. (dari Kero)
Jurusan Planologi: Jika seluruh badanku di-peta-kan, maka hatiku adalah Kawasan Budidaya Monokultur (dari akbarizky)
Jurusan Teknik Fisika : Setiap ku mendekatimu,hatiku bergetar lebih dahsyat dari getaran turbin yang membangkitkan arus AC tiga fasa 220 volt 50 hertz. (dari Febriansahsetiawan)
Jurusan Seni: Kamulah lukisan terindah dalam hidupku yg selalu ku gores dan kuwarnai di setiap detik waktuku… (dari Najmi)
Jurusan Teknik Sipil: Hidupku tanpamu bagai bangunan tanpa kolom yang akan membuat hidupku runtuh. (dari Miftah Hazmi )
Jurusan Kimia: Senyawa Hydrocarbons di dunia ini masih kurang lengkap untuk membuatku “alive”, hanya “cintamu” yang mampu menghidupkan aku. (dari RN)
Jurusan Teknik Industri: I’m not the first, but I will be the best for you (dari dika)
Jurusan Teknik Industri: Because love is timefull like a money (dari dika)
Jurusan Kedokteran: naksir kamu tuh kayak kanker stadium 4… sekali kena, susaaaahhh banget sembuhnya (Darkbluemidnight)
Jurusan Kesejahteraan Sosial : aku adalah pekerja sosial yang siap mengayom rakyat Indonesia tapi sistem sosialku tidak akan berjalan sempurna bila kamu menolakku untuk mengayomimu sepanjang hidupku. (dari Margaretha Eva Sari Borsiin )
Jurusan Kesejahteraan Sosial : Keberfungsian sosial ku seakan kembali setelah menemukan kamu dan menjadikanmu tambatan hatiku. (dari Lavoya Faradisa El Vayami)
Jurusan Filsafat : Cinta??? aku tak bisa memikirkannya, karena hanya kamu dipikiranku. (dari R_vanology )
jurusan asuransi kesehatan: cinta mu memberikan perlindungan seperti polis asuransi. (dari Mameto)
Jurusan Teknik Geologi : Cintamu bagaikan erupsi merapi, apa yang dilaluinya membekas didalam hatiku
Jurusan Teknik Oseanografi : Cintaku bagaikan gelombang pasang surutnya air laut, ketika aku bersamamu kenaikan tingkat air seperti ditarik oleh gravitasi bulan nan cantik yaitu kamu. (dari Bapatile )
Jurusan Teknik Geodesi dan Geomatika : Jika aku dapat mengukur seberapa luas dan besar cintaku yang dapat aku petakan, akan kuberikan pemetaan seakurat mungkin agar koordinat cintaku sampai tepat dihatimu (dari Bapatile )
Jurusan Meteorologi : Aku dapat memprakirakan cuaca yang datang hari esok, minggu depan, atau pun tahun depan. Tapi aku tak dapat memprakirakan kapan aku bisa bertemu denganmu lagi (dari Bapatile )
jurusan sastra jepang : alasan kenapa aku masuk sastra Jepang adalah hanya untuk melihat dirimu yang bersemi bagaikan buka sakura yang sedang bermekaran (dari Iam_mammouth)
Jurusan Sosiologi : interkasi cinta ku kepadamu tak akan terputus oleh ganguan apapun

Ketika Wanita Bercinta, Pria bersetubuh

Saya yakin Anda semua tahu kalau wanita adalah makhluk perasa dengan dominasi emosi yang kuat pada dirinya. Tapi sedikit yang tahu kalau wanita mengartikan Bercinta (making love) dan Bersetubuh (have a sex) itu berbeda.
Sebuah pepatah kuno mengatakan bahwa bercinta merupakan hal yang dilakukan oleh wanita, sementara pria menyetubuhi wanita itu. Hal itulah yang sebenarnya menjadi pemicu pertengkaran di antara pasangan kekasih di mana-mana.
Seorang pria menyebutkan seks dengan ‘seks’ saja, tetapi wanita tampaknya bereaksi negatif terhadap kata-kata itu, karena bagi mereka tidaklah seperti itu. Seorang wanita ‘bercinta’ artinya dia harus merasa dicintai dan memiliki perasaan cinta sebelum dia menginginkan senggama. Bagi kebanyakan wanita tindakan ‘seks’ itu pada umumnya terlihat sebagai tindakan yang dilakukan tanpa cinta, tindakan serampangan. Padahal susunan otak wanita tidak mengartikan senggama dengan penjelasan seburuk itu.
Ketika seorang pria mengatakan ‘seks’, kadang-kadang ia bermaksud hanya seks jasmaniah, walau hal itu tidak berarti ia tidak mencintai wanita itu. Ketika seorang pria menginginkan ‘bercinta’, tampaknya ia juga masih akan menyebutnya sebagai ‘seks; begitu saja. Hal itu dapat mengakibatkan efek buruk pada seorang wanita, tetapi dengan menggunakan kata ‘bercinta’ dapat membuat seorang merasa palsu atau mengelabui pasangannya, karena ia memang hanya menginginkan seks. Ketika seorang wanita menuduh seorang pria ‘tidur’ dengan seseorang, Anda pasti yakin, pria itu tidak hanya sekedar tidur.

“bagaimana kau bisa tidur dengannya?” tanya seorang wanita. “Kau tidak menyukai wanita itu!”

Secara emosional pria dan wanita tampak seperti berasal dari planet yang berbeda, tetapi itu tidak harus karena seorang pria kekurangan serat. Bagian otak kecil yang menguasai emosi kita, yaitu sistim limbik, memiliki dua bagian. Ada bagian lama (limbik sementara) yang merupakan bagian yang mengurusi seks dan pelanggaran, lalu bagian yang lebih baru (gyrus cinguli) yang lebih terkait dengan gaya berpikir dan berkhayal. Otak pria lebih aktif pada bagian yang lama dan lebih siap untuk bereaksi, sementara otak wanita aktif di bagian yang lebih baru yang mengurusi ‘reaksi emosi simbolis’. Ketika pria dan wanita saling mengerti pandangan masing-masing dan setuju untuk tidak saling menghakimi pengertian masing-masing, maka halangan ini berkurang dan hanya menjadi batu sandungan kecil saja bagi hubungan mereka.

SILABUS


SILABUS

Sekolah                                   : SMA /MA  MGMP Batola
Mata Pelajaran                        : Sosiologi
Kelas/Program                         : X / Umum
Semester                                  : 1 (Satu)
Alokasi Waktu                        : 2  x 45 Menit
Standar Kompetensi 1                        : Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan  nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat      

No
Kompetensi Dasar
Materipokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
JenisTagihan
Bentuk
1.1
Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan















·    Sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat
·    Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka  tentang konsep dasar dan metode sosiologi menurut para ahli

·    Secara kelompok mendiskusikan konsep dasar dan metode sosiologi


·    Secara kelompok mendiskusikan masalah yang dihadapi dalam kehidupan  sehari-hari tentang hubungan berbagai  konsep realitas sosial

·    Secara individual menggali informasi melalui media massa tentang realitas sosial masyarakat
·    Mendifinisikan sosiologi sebagai ilmu dan metode









·    Menjelaskan hubungan berbagai  konsep tentang realitas sosial



·    Menjelaskan  data  tentang realitas sosial masyarakat
·    Tugas individu/ kelompok








·    Tugas
Kelompok




·    Tugas individu



-Performan
- Resume





- Laporan
   Diskusi


- Mempresen-
   tasikan hasil
   diskusi



- Performen   dan
   kliping                  
4 jam pelajaran









4 jam
 Pelajaran




2 jam
Pelajaran



Sosiologi Jilid I kelas X Yusniati,
Indianto

Kamus Sosiologi




Pengantar Sosio
logi Kamanto Sunarto



Media cetak
/elektonik
No
Kompetensi Dasar
Materipokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
JenisTagihan
Bentuk




1.2



























Mendiskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat




·    Nilai dan Norma dalam kehidupan masyarakat
·    Secara individu mengungkapkan kembali hasil temuannya tentang realitas sosial

·    Secara individu menggali informasi   tentang pengertian  nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat.

·    Secara individu dapat membedakan antara nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat

·    Secara kelompok mendiskusikan tentang peran nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat.

·    Secara kelompok berdiskusi tentang kasus-kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.

·    Secara kelompok berdiskusi merumuskan solusi dalam penanganan pelanggaran nilai dan norma




·    Menjelaskan pengertian nilai dan norma.



·    Menyebutkan  nilai dan norma
·    Membedakan nilai dan norma

·    Memberikan contoh peran nilai dan norma dalam masyarakat


·    Mengklasifikasikan kasus-kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat


Ulangan Harian


Tugas indivudu








Tugas kelompok









Ulangan
- Uraian



-Fortofolio




Laporan singkat



Laporan singkat kuis









Uraian
2 jan
Pelajaran


2 jam pelajaran



4 jam pelajaran



4 jam pelajaran









2 jam pelajaran




Pengantar
Sosiologi
Soerjono Soekamto






Artikel dari Koran dan internet


Gambar,foto CD
Masyarakat setempat


Data Instansi/Lembaga



No
Kompetensi Dasar
Materipokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan / Alat
JenisTagihan
Bentuk
1.3
























Mendiskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial


















·    Interaksi sosial dan dinamika sosial
·    Secara individu menggali informasi dari berbagai referensi perpustakaan tentang interaksi sosial dan dinamika sosial

·    Menyimpulkan temuan pustaka tentang interaksi sosial dan dinamika sosial


·    Secara kelompok mendiskusikan kartu kasus yang sudah disiapkan guru

·    Secara klasikal merumuskan faktor-faktor yang mendorong terjadinya interaksi dan dinamika sosial


·    Secara individu mengungkapkan pengalaman berinteraksi sosial dalam masyarakat.

·    Secara individu mampu menerapkan pola-pola interaksi sosial untuk terbentuk keteraturan sosial
·    Mendifinisikan interaksi sosial dan dinamika sosial







·    Menjelaskan faktor-faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial dan dinamika sosial




·    Menjelaskan hubungan antara interaksi sosial dan keteraturan sosial
 Tugas individu









Tugas kelompok








Tugas individu


Ulangan harian





Portofolio Performan








Kuis









Performan



PG dan Uraian singkat
4 jam pelajaran








4  jam pelajaran








2  jam pelajaran


2  jam pelajaran
Sosiologi Jilid I kelas X Yusniati,
Indianto






Sosiologi Jilid I kelas X Yusniati,
Indianto






Pengantar Sosiologi Soerjono Soekanto








SILABUS
Sekolah                                   : SMA/MA  MGMP  Batola
Mata Pelajaran                        : Sosiologi
Kelas/Program                         : X / Umum
Semester                                  : II (Dua)
Alokasi Waktu                        : 2  x 45 Menit 
Standar Kompetensi 1                        : Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian     


No
Kompetensi Dasar
Materi pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan / Alat
JenisTagihan
Bentuk
2.1















Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian












·    Sosialisasi dan pembentukan kepribadian
·    Secara individu mengamati proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian di lingkungan terdekat
·    Secara individu menceritakan hasil pengamatan tentang proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian
·    Secara kelompok mendiskusikan tentang pembentukan kepribadian dengan kebudayaan





·    Secara kelompok mendiskusikan hubungan sosialisasi dengan pembentukan kepribadian.
·    Mendifinisikan sosialisasi dan pembentukan kepribadian



·    Menyebutkan  faktor-faktor pembentukan kepribadian
·    Menjelaskan pengaruh kebudayaan terhadap pembentukan kepribadian 

·    Menjelaskan pengaruh sosialisasi terhadap pembentukan kepribadian 
 Tugas individu






Tugas kelompok






Ulangan






Lembar pengamatan





Laporan diskusi






PG dan uraian





6 jam pelajaran





6 jam pelajaran






2 jam pelajaran
Sosiologi Jilid I kelas X Yusniati,
Indianto



Pengantar
Sosiologi Soerjono Soekamto
Koran
Internit
CD


No
Kompetensi Dasar
Materipokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan / Alat
Jenis
Tagihan
Bentuk
2.2















Mendiskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial











·    Perilaku menyimpang
·    Secara individu menggali informasi melalui data kepustakaan dan media massa tentang perilaku menyimpang
·    Secara individu mengamati perilaku menyimpang yang terjadi di masyarakat sekitar
·    Secara individu mengungkapkan kembali hasil pengamatan yang di dapat di masyarakat sekitar.

·    Secara kelompok mendiskusikan jenis-jenis perilaku menyimpang


·    Secara kelompok diskusi untuk menyimpulkan solusi yang tepat untuk menanggulangi terjadinya perilaku menyimpang.




·    Mengidentifikasikan terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi yang tidak sempurna





·    Mengklasifikasikan jenis-jenis perilaku menyimpang

·    Menyebutkan  cara-cara untuk menanggulangi terjadinya perilaku menyimpang


 Tugas individu








Tugas kelompok


Tugas kelompok
Ulangan
Performan dan laporan hasil pengamatan






Laporan kuis


Laporan
 PG dan uraian
6 jam pelajaran








6 jam pelajaran


2 jam pelajaran












Pengantar
Sosiologi Soerjono Soekamto

Sosiologi Jilid I kelas X Yusniati,
Indianto

Pengantar
Sosiologi Soerjono Soekamto




No
Kompetensi Dasar
Materi pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan / Alat
Jenis
Tagihan
Bentuk

2.3















Menerapkan aturan-aturan sosial dalam kehidupan bermasyarakat










·  Aturan –aturan sosial dalam kehidupan bermasyarakat.

·  Secara klasikal menggali informasi melalui kajian yang terjadi di masyarakat tentang pengendalian sosial
·  Secara Klasikal mengkomunikasikan secara lisan dan tulisan tentang jenis-jenis lembaga pengendalian sosial  yang ada di masyarakat
·  Secara kelompok menggali informasi melalui wawancara dengan  guru BK,Kepala Sekolah, Pembina  Kesiswaan tentang cara-cara pengendalian sosial.
·  Secara klasikal mendiskusikan peran guru BK, Kepala Sekolah,Pembina kesiswaan dalam menangani kasus sekolah.
·  Bekerjasama antar siswa menyimpulkan solusi yang paing tepat dalam mengendalikan sosial yang terjadi di sekolah.
·  Secara individu memberikan opini atau ulasan tentang akibat tidak berfungsinya lembaga pengendalian sosial.
·  Secara klasikal melalui ulasan tentang tidak berfungsinya lembaga pengendalian sosial.

·  Menyebutkan  Jenis-jenis lembaga pengendalian sosial





·  Menyebutkan berbagai cara pengendalian sosial











Menjelaskan  akibat tidak berfungsinya lembaga sosial

Tugas individu






Tugas individu / Kelompok










Tugas individu







Resume Performen






Portofolio laporan











Resume Performen







2 jam pelajaran






4 jam pelajaran











6 jam pelajaran







Sosiologi pengantar
Kelas X





Instansi/Lembaga . Media  cetak dan elektronik









Sosiologi pengantar
Kelas X







No
Kompetensi Dasar
Materipokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu

Sumber/
Bahan / Alat
Jenis
Tagihan
Bentuk




·  Secara individu melalui wawancara dengan RT, RW tentang aturan-aturan sosia dalam kehidupan masyarakat.
·  Secara klasikal melalui ulasan tentang hasil wawancara melalui RT, RW tentang aturan aturan sosial dalam kehidupan masyarakat,


·  Menjelaskan  aturan –aturan sosial dalam kehidupan masyarakat








Ulangan

PG dan Uraian


2 Jam Pelajaran











                             Mengetahui,                                                                                                                                                               Batola,                 2009
                                    Kepala Sekolah SMA/MA ………………                                                                                                               Guru Mata Pelajaran



                                    …………………………………………                                                                                                                    …………………………………........
                                    NIP. ......................................................                                                                                                                     NIP. ....................................................


               









SILABUS
Sekolah                                   : SMA / MA MGMP Batola
Mata Pelajaran                        : Sosiologi
Kelas/Program                         : XI / Ilmu Sosial
Semester                                  : 1 (Satu)
Alokasi Waktu                        : 3 x 45 Menit
Standar Kompetensi 1                        : Memahami struktur sosial serta berbagai penyebab konflik dan mobilitas sosial

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
Jenis
Tagihan
Bentuk
1.1
Mendiskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat















·    Struktur sosial : Diferensiasi sosial dan Stratifikasi sosial
·    Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang diferensiasi dan stratifikasi sosial di masyarakat
·    Secara individu mengamati diferensiasi sosial dalam kehidupan masyarakat
·    Secara  individu mengamati stratifikasi sosial dalam kehidupan masyarakat.

·    Secara  kelompok mendiskusikan diferensiasi sosial berdasarkanras,etnis, agama, gender,marga/ klan, profesi dan  umur.

·    Secara kelompok mendiskusikan macam-macam kriteria stratifikasi sosial di masyarakat.
·    Mendiskripsikan diferensiasi sosial
·    Mendiskripsikan stratifikasi sosial







·    Menjelaskan diferensiasi sosial berdasarkan ras,etnis,agama, gender,marga/klan, profesi dan umur
·    Menyebutkan  macam-macam kriteria stratifikasi sosial di masyarakat
·    Tugas individu









·    Tugas
Kelompok




·    Tugas individu




-Portofolio










- Laporan
   tertulis




- Laporan   hasil diskusi              
3 jam pelajaran









3 jam
 Pelajaran




3  jam
Pelajaran




Sosiologi Jilid I kelas XI Yusniati,
Indianto

Sosiologi
Kamanto Sunarto



Sosiologi
Kamanto Sunarto

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
Jenis
Tagihan
Bentuk















1.2





























Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masayarakat

























·    Konflik Sosial











·    Secara klasikal mendiskusikan berbagai pengaruh diferensiasi  dan stratifikasi sosial yang terdapat di masyarakat.



·    Secara individu menggali informasi melalui pengamatan tentang konsolidasi dan interseksi yang ada di dalam masayarakat
·    Secara individu mengklasifikasikan  konsolidasi dan interseksi yang terjadi di dalam masayarakat

·    Secara kelompok mengkaji contoh kasus konflik yang terjadi di masyarakat
·    Berdiskusi secara kelompok untuk mengklasifikasikan berbagai konflik dalam masyarakat.
·    Secara klasikal mendiskusikan konflik dan kekerasan
·    Secara individu menyimpulkan hasil diskusi tentang konflik dan kekerasan
·    Secara klasikal mengkaji sebab-sebab terjadinya konflik di masyarakat
·    Secara kelompok mensimulasikan sebab-sebab terjadinya konflik dalam

·    Mendiskusikan berbagai pengaruh diferensiasi  dan stratifikasi sosial yang terdapat di masayarakat
·    Membedakan konsolidasi dan interseksi yang terjadi di dalam masayarakat



·    Menjelaskan berbagai konflik dalam masyarakat



·    Membedakan konflik dengan kekerasan



·    Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya konflik dalam masyrakat.


Tugas Kelompok




Tugas indivudu


Ulangan



Tugas Kelompok




Tugas Individu



Tugas Kelompok




 Laporan





Portofolio




PG dan Uraian singkat

Laporan singkat kuis




Performen




Bermain Peran


3 jam
Pelajaran




3 jam pelajaran



2 jam pelajaran

6 jam pelajaran




6 jam pelajaran



3 Jam Pelajaran




Pengantar Sosiologi




Sosiologi  XI







Sosiologi XI











No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
JenisTagihan
Bentuk




1.3





























Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial




·    Hubungan antara stuktur sosial dengan mobilitas sosial
   masyarakat
·    Secara kelompok memeberikan solusi terbaik

·    Secara klasikal mengamati visual tentang hubungan struktur sosial dengan mobilitas sosial.
·    Mendiskusikan secara kelompok tentang hasil pangamatan visual.
·    Menyimpulkan hasil diskusi dari visual tentang hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial.
·    Secara individu dapat membedakan mobilitas masyarakat kota dengan masyarakat desa.
·    Secara individu mengkaji dampak mobilitas sosial pada kehidupan masyarakat  kota  melalui visual yang ditayangkan.
·    Secara individu mengungkapkan dalam bentuk tulisan tentang dampak mobilitas sosial.





·    Menyebutkan  jenis-jenis mobilitas sosial.
·    Mendiskripsikan proses terjadinya proses mobilitas sosial.






·    Menjelaskan dampak mobilitas sosial




Ulangan



Tugas Individu










Tugas Individu


Ulangan
PG dan Uraian


Portofolio











Portofolio



PG dan Uraian

2 jam pelajaran


9 Jam Pelajaran










6 Jam Pelajaran


2  Jam Pelajaran




Artikel dari Koran dan internet
Gambar,foto CD
Masyarakat setempat
Data Instansi/Lembaga


Gambar,foto CD, Masyarakat setempat





















SILABUS

Sekolah                                   : SMA / MA MGMP Batola
Mata Pelajaran                        : Sosiologi
Kelas/Program                         : XI / Ilmu Sosial
Semester                                  : II (dua)
Alokasi Waktu                        : 3 x 45 Menit
Standar Kompetensi 2                        : Menganalisis Kelompok Sosial dalam Masayarakat Multikultural

No
Kompetensi Dasar
Materipokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan / Alat
JenisTagihan
Bentuk
2.1













2.2








Mendiskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masayarakat multikultural









Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural


·    Kelompok sosial dalam masaryarakat multikultural
·    Secara individu menggali informasi melalui studi kepustakaan dan media massa tentang masyarakat multikultural.
·    Secara kelompok menggali informasi melalui study kepustakaan dan media massa tentang penyebab terjadinya masyarakat multikultur.
·    Secara kelompok merumuskan pengertian dan ciri-ciri masyarakat multikultur

·    Secara kelompok membuat tulisan melalui studi pustaka tentang keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagaian batar, tengah dan timur.
·    Secara klasikal mendiskusikan hasil tulisan tentang keanekaragaman suku bangsa di
·    Menyebutkan  ciri-ciri masayarakat multikultural


·    Menjelaskan  faktor-faktor yang  menyebabkan terebentuknya masyarakat multikultur



·    Mendiskripsikan keaneka ragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur
 Tugas individu dan kelompok



Tugas kelompok



Ulangan harian


Tugas kelompok







Performan
Laporan



Laporan




Performan PG dan Uraian singkat
Laporan





10 jam pelajaran



10  jam pelajaran



2 jam pelajaran


10  jam pelajaran






Sosiologi XI
Gambar



Sosiologi XI
Presfiktif tentang perubahan sosial budaya




Sosiologi Pengantar







No
Kompetensi Dasar
Materipokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat

Jenis
Tagihan
Bentuk











2.3











Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat  multikultural.










Indonesia bagian batar, tengah dan timur.
·    Secara klasikal menguraikan konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial



·    Secara individu mengungkapkan satu contoh kasus keanekaragaman kelompok sosial.
·    Secara individu mengemukakan gagasan dalam penanganan kasus yang diakibatkan dari keanekaragaman kelompok sosial


·    Menjelaskan konsekuensi perubahan sosial, ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial

·    Menjelaskan dengan contoh kasus keanekaragaman kelompok sosial



Tugas individu dan kelompok

Ulangan



Tugas individu


Ulangan


Performan



 PG dan Uraian singkat

Performan



PG dan Uraian singkat





10  jam pelajaran


2 jam pelajaran


20 jam pelajaran


2 jam pelajaran



Hartika, Pendidikan Kebudayaan dan masyarakat madani Indonesia.

Sosiologi XI





















                                    Mengetahui,                                                                                                                                       Batola,                 2009
                                    Kepala Sekolah SMA/MA ………………                                                                                       Guru Mata Pelajaran



                                    …………………………………………                                                                                            …………………………………........
                                    NIP. …………………………………...                                                                                            NIP. ...................................................




SILABUS
Sekolah                                   : SMA / MA MGMP Batola
Mata Pelajaran                        : Sosiologi
Kelas/Program                         : XII /  Ilmu Sosial
Semester                                  : 1 (Satu)
Alokasi Waktu                        : 3 x 45 Menit
Standar Kompetensi 1                        : Memahami Dampak Perubahan Sosial         
No
Kompetensi Dasar
Materipokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
Jenis
Tagihan
Bentuk
1.1


















1.2
Menjelaskan proses perubahan sosial di masayarakat
















Menganalisis dampak perubahan sosial terhadap kehidupan masyarakat
·    Perubahan sosial


















·    Dampak perubahan  sosial
·    Secara individu mencari contoh kasus di masyarakat tentang perubahan sosial
·    Secara klasikal mengolongkan bentuk-bentuk perubahan sosial sesuai  kasus yang diperoleh dari masyarakat.
·    Secara  individu mencari contoh kasus tentang faktor pendorong perubahan sosial.
·    Secara klasikal menguraikan tentang faktor pendorong perubahan sosial
·    Secara  individu mencari contoh kasus tentang faktor penghambat perubahan sosial
·    Secara klasikal menguraikan tentang faktor penghambat perubahan sosial
·    Secara individu menjelasakan akibat perubahan sosial secara umum
·    Menjelaskan  bentuk-bentuk perubahan sosial




·    Memberikan contoh faktor pendorong perubahan sosial



·    Memberi contoh faktor-faktor penghambat perubahan sosial


·    Memberi  contoh kasus dampak perubahan sosial
·    Tugas individu





·    Tugas individu




·    Tugas individu

Ulangan


·    Tugas
individu


-Performan






Performan





Portofolio


PG dan Uraian

 Portofolio



6 jam pelajaran





6 jam pelajaran




3 jam
 Pelajaran

2 jam pelajaran

6 jam
Pelajaran



Pengantar Sosio
logi Kamanto Sunarto



Pengantar Sosio
logi Kamanto Sunarto














No
Kompetensi Dasar
Materipokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
Jenis
Tagihan
Bentuk


























·    Secara individu melakukan pengamatan perkembangan IPTEK, pendidikan,sistem pemerintahan dll, sebagai dampak perubahan sosial.
·    Secara klasikal menguraikan hasil pengamatan dari  kasus dampak perubahan sosial.
·    Secara kelompok mendiskusikan contoh-contoh globalisasi.
·    Secara kelompok mengklasifikasikan contoh-contoh globalisasi yang dapat mengancam eksistensi jati diri bangsa
·    Secara individu mengkaji kasus yang dapat menghambat terjadinya integrasi.
·    Secara individu mengemukakan gagasan untuk mengatasi memudarnya jati diri bangsa melalui kasus.
·    Secara klasikal menyimpulkan cara-cara untuk mengatasi memudarnya jati diri bangsa.








·    Menjelaskan tentang globalisasi terhadap eksistensi jati diri bangsa



·    Mengemukakan gagasan atau pemikiran untuk mengatasi memudarnya jati diri bangsa.













Tugas kelompok





Tugas Individu






Ulangan








Laporan






 Performan







PG dan Uraian









6 jam pelajaran





3 jam
 Pelajaran






2  jam
 Pelajaran











Pengantar Sosio
logi Kamanto Sunarto



Sosio
logi  Sitematik












Sekolah                                   :  MGMP Sosiologi SMA/MA  Batola
Mata Pelajaran                        : Sosiologi
Kelas/Program                         : XII /  Ilmu Sosial
Semester                                  : 1 (Satu)
Alokasi Waktu                        : 3 x 45 Menit
Standar Kompetensi 2                        : Memahami Lembaga Sosial

No
Kompetensi Dasar
Materipokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
Jenis
Tagihan
Bentuk

2.1








2.2






2.3

Menjelaskan hakekat lembaga sosial






Mengklasifikasikan tipe-tipe lembaga sosial




Mendiskripsikan peran dan fungsi lembaga sosial



Lembaga Sosial







·    Secara individu menggali informasi melalui data kepustakaan atau media massa tentang lembaga sosial.
·    Secara individu menceritakan hasil pengamatan tentang pembentukan lembaga sosial.


·    Secara kelompok melakukan kunjungan lembaga politik (Parpol) dan ekonomi (Bank/koperasi)



·    Secara kelompok mengungkapkan peran dan fungsi lembaga politik dan ekonomi yang di kunjungi.


·    Menjelaskan pengertian lembaga sosial
·    Menjelaskan proses pembentukan lembaga sosial



·    Menyebutkan tipe-tipe lembaga sosial
·    Menguraikan hubungan antar lembaga sosial


·    Menguraikan pentingnya peran dan fungsi lembaga keluarga, agama, pendidikan, politik, ekonomi dalam hidup bermasyarakat

Tugas individu







Tugas kelompok





Ulangan
Performan









Laporan singkat

Performan



PG dan Uraian singkat



10  jam pelajaran








2 jam pelajaran

2 jam pelajaran


2 jam pelajaran

Instansi,lembaga.
Gambar, CD







Media cetak dan internet





Pengantar
Sosiologi Soerjono Soekamto




SILABUS

Sekolah                                   : MGMP Sosiologi SMA/MA Batola
Mata Pelajaran                        : Sosiologi
Kelas/Program                         : XII /  Ilmu Sosial
Semester                                  : II (dua)
Alokasi Waktu                        : 3 x 45 Menit
Standar Kompetensi 2                        : Mempraktikan metode penelitian sosial

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
Jenis
Tagihan
Bentuk

3.1









3.2








Merancang metode penelitian sosial secara sederhana







Melakukan penelitian sosial secara sederhana.



 Penelitian Sosial







·    Secara individu menggali informasi melalui study kepustakaan  dan media massa tentang penelitian sosial secara sederhana.
·    Secara kelompok mengidentifikasi kasus sosial  budaya sebagai bahan penelitian


·    Secara kelompok merumuskan rancangan penelitian, metode, mengumoulkan dan pengolahan data hasil penelitian sosial.





·    Merumuskan rancangan penelitian secara  sederhana







·    Melaksanakan penelitian sosial secara sederhana.





Tugas individu



Ulangan




Tugas kelompok



Laporan dan presentasi



PG dan Uraian



Laporan dan presentasi



10  jam pelajaran



 2 jam pelajaran



10 jam pelajaran




Buku yang relevan dan internet







Pengantar
Sosiologi Soerjono Soekamto









No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
Jenis
Tagihan
Bentuk

3.3

Mengkomonikasikan hasil penelitian sosial secara sederhana









·    Secara kelompok membuat laporan hasil penelitian


·    Secara kelompok mempresentasikan laporan hasil penelitian



·     Membuat laporan  penelitian sosial secara sederhana

·     Mempresentasikan  hasil pepelitian sosial  secara sederhana.


Tugas keompok


Ulangan

Laporan dan presenta


PG dan Uraian



2 jam pelajaran


2 jam pelajaran


Media cetak hasil-hasil penelitian, skripsi, laporan, karya tulis, Tesis
                                   

                                   

                                    Mengetahui,                                                                                                                                       Batola,                 2009
                                    Kepala Sekolah SMA/MA ………………                                                                                       Guru Mata Pelajaran



                                    …………………………………………                                                                                            …………………………………........
                                    NIP. …………………………………...                                                                                            NIP. ...................................................





 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates