Minggu, 20 Maret 2011

SILABUS


SILABUS

Sekolah                                   : SMA /MA  MGMP Batola
Mata Pelajaran                        : Sosiologi
Kelas/Program                         : X / Umum
Semester                                  : 1 (Satu)
Alokasi Waktu                        : 2  x 45 Menit
Standar Kompetensi 1                        : Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan  nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat      

No
Kompetensi Dasar
Materipokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
JenisTagihan
Bentuk
1.1
Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan















·    Sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat
·    Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka  tentang konsep dasar dan metode sosiologi menurut para ahli

·    Secara kelompok mendiskusikan konsep dasar dan metode sosiologi


·    Secara kelompok mendiskusikan masalah yang dihadapi dalam kehidupan  sehari-hari tentang hubungan berbagai  konsep realitas sosial

·    Secara individual menggali informasi melalui media massa tentang realitas sosial masyarakat
·    Mendifinisikan sosiologi sebagai ilmu dan metode









·    Menjelaskan hubungan berbagai  konsep tentang realitas sosial



·    Menjelaskan  data  tentang realitas sosial masyarakat
·    Tugas individu/ kelompok








·    Tugas
Kelompok




·    Tugas individu



-Performan
- Resume





- Laporan
   Diskusi


- Mempresen-
   tasikan hasil
   diskusi



- Performen   dan
   kliping                  
4 jam pelajaran









4 jam
 Pelajaran




2 jam
Pelajaran



Sosiologi Jilid I kelas X Yusniati,
Indianto

Kamus Sosiologi




Pengantar Sosio
logi Kamanto Sunarto



Media cetak
/elektonik
No
Kompetensi Dasar
Materipokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
JenisTagihan
Bentuk




1.2



























Mendiskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat




·    Nilai dan Norma dalam kehidupan masyarakat
·    Secara individu mengungkapkan kembali hasil temuannya tentang realitas sosial

·    Secara individu menggali informasi   tentang pengertian  nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat.

·    Secara individu dapat membedakan antara nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat

·    Secara kelompok mendiskusikan tentang peran nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat.

·    Secara kelompok berdiskusi tentang kasus-kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.

·    Secara kelompok berdiskusi merumuskan solusi dalam penanganan pelanggaran nilai dan norma




·    Menjelaskan pengertian nilai dan norma.



·    Menyebutkan  nilai dan norma
·    Membedakan nilai dan norma

·    Memberikan contoh peran nilai dan norma dalam masyarakat


·    Mengklasifikasikan kasus-kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat


Ulangan Harian


Tugas indivudu








Tugas kelompok









Ulangan
- Uraian



-Fortofolio




Laporan singkat



Laporan singkat kuis









Uraian
2 jan
Pelajaran


2 jam pelajaran



4 jam pelajaran



4 jam pelajaran









2 jam pelajaran




Pengantar
Sosiologi
Soerjono Soekamto






Artikel dari Koran dan internet


Gambar,foto CD
Masyarakat setempat


Data Instansi/Lembaga



No
Kompetensi Dasar
Materipokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan / Alat
JenisTagihan
Bentuk
1.3
























Mendiskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial


















·    Interaksi sosial dan dinamika sosial
·    Secara individu menggali informasi dari berbagai referensi perpustakaan tentang interaksi sosial dan dinamika sosial

·    Menyimpulkan temuan pustaka tentang interaksi sosial dan dinamika sosial


·    Secara kelompok mendiskusikan kartu kasus yang sudah disiapkan guru

·    Secara klasikal merumuskan faktor-faktor yang mendorong terjadinya interaksi dan dinamika sosial


·    Secara individu mengungkapkan pengalaman berinteraksi sosial dalam masyarakat.

·    Secara individu mampu menerapkan pola-pola interaksi sosial untuk terbentuk keteraturan sosial
·    Mendifinisikan interaksi sosial dan dinamika sosial







·    Menjelaskan faktor-faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial dan dinamika sosial




·    Menjelaskan hubungan antara interaksi sosial dan keteraturan sosial
 Tugas individu









Tugas kelompok








Tugas individu


Ulangan harian





Portofolio Performan








Kuis









Performan



PG dan Uraian singkat
4 jam pelajaran








4  jam pelajaran








2  jam pelajaran


2  jam pelajaran
Sosiologi Jilid I kelas X Yusniati,
Indianto






Sosiologi Jilid I kelas X Yusniati,
Indianto






Pengantar Sosiologi Soerjono Soekanto








SILABUS
Sekolah                                   : SMA/MA  MGMP  Batola
Mata Pelajaran                        : Sosiologi
Kelas/Program                         : X / Umum
Semester                                  : II (Dua)
Alokasi Waktu                        : 2  x 45 Menit 
Standar Kompetensi 1                        : Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian     


No
Kompetensi Dasar
Materi pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan / Alat
JenisTagihan
Bentuk
2.1















Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian












·    Sosialisasi dan pembentukan kepribadian
·    Secara individu mengamati proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian di lingkungan terdekat
·    Secara individu menceritakan hasil pengamatan tentang proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian
·    Secara kelompok mendiskusikan tentang pembentukan kepribadian dengan kebudayaan





·    Secara kelompok mendiskusikan hubungan sosialisasi dengan pembentukan kepribadian.
·    Mendifinisikan sosialisasi dan pembentukan kepribadian



·    Menyebutkan  faktor-faktor pembentukan kepribadian
·    Menjelaskan pengaruh kebudayaan terhadap pembentukan kepribadian 

·    Menjelaskan pengaruh sosialisasi terhadap pembentukan kepribadian 
 Tugas individu






Tugas kelompok






Ulangan






Lembar pengamatan





Laporan diskusi






PG dan uraian





6 jam pelajaran





6 jam pelajaran






2 jam pelajaran
Sosiologi Jilid I kelas X Yusniati,
Indianto



Pengantar
Sosiologi Soerjono Soekamto
Koran
Internit
CD


No
Kompetensi Dasar
Materipokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan / Alat
Jenis
Tagihan
Bentuk
2.2















Mendiskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial











·    Perilaku menyimpang
·    Secara individu menggali informasi melalui data kepustakaan dan media massa tentang perilaku menyimpang
·    Secara individu mengamati perilaku menyimpang yang terjadi di masyarakat sekitar
·    Secara individu mengungkapkan kembali hasil pengamatan yang di dapat di masyarakat sekitar.

·    Secara kelompok mendiskusikan jenis-jenis perilaku menyimpang


·    Secara kelompok diskusi untuk menyimpulkan solusi yang tepat untuk menanggulangi terjadinya perilaku menyimpang.




·    Mengidentifikasikan terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi yang tidak sempurna





·    Mengklasifikasikan jenis-jenis perilaku menyimpang

·    Menyebutkan  cara-cara untuk menanggulangi terjadinya perilaku menyimpang


 Tugas individu








Tugas kelompok


Tugas kelompok
Ulangan
Performan dan laporan hasil pengamatan






Laporan kuis


Laporan
 PG dan uraian
6 jam pelajaran








6 jam pelajaran


2 jam pelajaran












Pengantar
Sosiologi Soerjono Soekamto

Sosiologi Jilid I kelas X Yusniati,
Indianto

Pengantar
Sosiologi Soerjono Soekamto




No
Kompetensi Dasar
Materi pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan / Alat
Jenis
Tagihan
Bentuk

2.3















Menerapkan aturan-aturan sosial dalam kehidupan bermasyarakat










·  Aturan –aturan sosial dalam kehidupan bermasyarakat.

·  Secara klasikal menggali informasi melalui kajian yang terjadi di masyarakat tentang pengendalian sosial
·  Secara Klasikal mengkomunikasikan secara lisan dan tulisan tentang jenis-jenis lembaga pengendalian sosial  yang ada di masyarakat
·  Secara kelompok menggali informasi melalui wawancara dengan  guru BK,Kepala Sekolah, Pembina  Kesiswaan tentang cara-cara pengendalian sosial.
·  Secara klasikal mendiskusikan peran guru BK, Kepala Sekolah,Pembina kesiswaan dalam menangani kasus sekolah.
·  Bekerjasama antar siswa menyimpulkan solusi yang paing tepat dalam mengendalikan sosial yang terjadi di sekolah.
·  Secara individu memberikan opini atau ulasan tentang akibat tidak berfungsinya lembaga pengendalian sosial.
·  Secara klasikal melalui ulasan tentang tidak berfungsinya lembaga pengendalian sosial.

·  Menyebutkan  Jenis-jenis lembaga pengendalian sosial





·  Menyebutkan berbagai cara pengendalian sosial











Menjelaskan  akibat tidak berfungsinya lembaga sosial

Tugas individu






Tugas individu / Kelompok










Tugas individu







Resume Performen






Portofolio laporan











Resume Performen







2 jam pelajaran






4 jam pelajaran











6 jam pelajaran







Sosiologi pengantar
Kelas X





Instansi/Lembaga . Media  cetak dan elektronik









Sosiologi pengantar
Kelas X







No
Kompetensi Dasar
Materipokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu

Sumber/
Bahan / Alat
Jenis
Tagihan
Bentuk




·  Secara individu melalui wawancara dengan RT, RW tentang aturan-aturan sosia dalam kehidupan masyarakat.
·  Secara klasikal melalui ulasan tentang hasil wawancara melalui RT, RW tentang aturan aturan sosial dalam kehidupan masyarakat,


·  Menjelaskan  aturan –aturan sosial dalam kehidupan masyarakat








Ulangan

PG dan Uraian


2 Jam Pelajaran











                             Mengetahui,                                                                                                                                                               Batola,                 2009
                                    Kepala Sekolah SMA/MA ………………                                                                                                               Guru Mata Pelajaran



                                    …………………………………………                                                                                                                    …………………………………........
                                    NIP. ......................................................                                                                                                                     NIP. ....................................................


               









SILABUS
Sekolah                                   : SMA / MA MGMP Batola
Mata Pelajaran                        : Sosiologi
Kelas/Program                         : XI / Ilmu Sosial
Semester                                  : 1 (Satu)
Alokasi Waktu                        : 3 x 45 Menit
Standar Kompetensi 1                        : Memahami struktur sosial serta berbagai penyebab konflik dan mobilitas sosial

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
Jenis
Tagihan
Bentuk
1.1
Mendiskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat















·    Struktur sosial : Diferensiasi sosial dan Stratifikasi sosial
·    Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang diferensiasi dan stratifikasi sosial di masyarakat
·    Secara individu mengamati diferensiasi sosial dalam kehidupan masyarakat
·    Secara  individu mengamati stratifikasi sosial dalam kehidupan masyarakat.

·    Secara  kelompok mendiskusikan diferensiasi sosial berdasarkanras,etnis, agama, gender,marga/ klan, profesi dan  umur.

·    Secara kelompok mendiskusikan macam-macam kriteria stratifikasi sosial di masyarakat.
·    Mendiskripsikan diferensiasi sosial
·    Mendiskripsikan stratifikasi sosial







·    Menjelaskan diferensiasi sosial berdasarkan ras,etnis,agama, gender,marga/klan, profesi dan umur
·    Menyebutkan  macam-macam kriteria stratifikasi sosial di masyarakat
·    Tugas individu









·    Tugas
Kelompok




·    Tugas individu




-Portofolio










- Laporan
   tertulis




- Laporan   hasil diskusi              
3 jam pelajaran









3 jam
 Pelajaran




3  jam
Pelajaran




Sosiologi Jilid I kelas XI Yusniati,
Indianto

Sosiologi
Kamanto Sunarto



Sosiologi
Kamanto Sunarto

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
Jenis
Tagihan
Bentuk















1.2





























Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masayarakat

























·    Konflik Sosial











·    Secara klasikal mendiskusikan berbagai pengaruh diferensiasi  dan stratifikasi sosial yang terdapat di masyarakat.



·    Secara individu menggali informasi melalui pengamatan tentang konsolidasi dan interseksi yang ada di dalam masayarakat
·    Secara individu mengklasifikasikan  konsolidasi dan interseksi yang terjadi di dalam masayarakat

·    Secara kelompok mengkaji contoh kasus konflik yang terjadi di masyarakat
·    Berdiskusi secara kelompok untuk mengklasifikasikan berbagai konflik dalam masyarakat.
·    Secara klasikal mendiskusikan konflik dan kekerasan
·    Secara individu menyimpulkan hasil diskusi tentang konflik dan kekerasan
·    Secara klasikal mengkaji sebab-sebab terjadinya konflik di masyarakat
·    Secara kelompok mensimulasikan sebab-sebab terjadinya konflik dalam

·    Mendiskusikan berbagai pengaruh diferensiasi  dan stratifikasi sosial yang terdapat di masayarakat
·    Membedakan konsolidasi dan interseksi yang terjadi di dalam masayarakat



·    Menjelaskan berbagai konflik dalam masyarakat



·    Membedakan konflik dengan kekerasan



·    Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya konflik dalam masyrakat.


Tugas Kelompok




Tugas indivudu


Ulangan



Tugas Kelompok




Tugas Individu



Tugas Kelompok




 Laporan





Portofolio




PG dan Uraian singkat

Laporan singkat kuis




Performen




Bermain Peran


3 jam
Pelajaran




3 jam pelajaran



2 jam pelajaran

6 jam pelajaran




6 jam pelajaran



3 Jam Pelajaran




Pengantar Sosiologi




Sosiologi  XI







Sosiologi XI











No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
JenisTagihan
Bentuk




1.3





























Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial




·    Hubungan antara stuktur sosial dengan mobilitas sosial
   masyarakat
·    Secara kelompok memeberikan solusi terbaik

·    Secara klasikal mengamati visual tentang hubungan struktur sosial dengan mobilitas sosial.
·    Mendiskusikan secara kelompok tentang hasil pangamatan visual.
·    Menyimpulkan hasil diskusi dari visual tentang hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial.
·    Secara individu dapat membedakan mobilitas masyarakat kota dengan masyarakat desa.
·    Secara individu mengkaji dampak mobilitas sosial pada kehidupan masyarakat  kota  melalui visual yang ditayangkan.
·    Secara individu mengungkapkan dalam bentuk tulisan tentang dampak mobilitas sosial.





·    Menyebutkan  jenis-jenis mobilitas sosial.
·    Mendiskripsikan proses terjadinya proses mobilitas sosial.






·    Menjelaskan dampak mobilitas sosial




Ulangan



Tugas Individu










Tugas Individu


Ulangan
PG dan Uraian


Portofolio











Portofolio



PG dan Uraian

2 jam pelajaran


9 Jam Pelajaran










6 Jam Pelajaran


2  Jam Pelajaran




Artikel dari Koran dan internet
Gambar,foto CD
Masyarakat setempat
Data Instansi/Lembaga


Gambar,foto CD, Masyarakat setempat





















SILABUS

Sekolah                                   : SMA / MA MGMP Batola
Mata Pelajaran                        : Sosiologi
Kelas/Program                         : XI / Ilmu Sosial
Semester                                  : II (dua)
Alokasi Waktu                        : 3 x 45 Menit
Standar Kompetensi 2                        : Menganalisis Kelompok Sosial dalam Masayarakat Multikultural

No
Kompetensi Dasar
Materipokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan / Alat
JenisTagihan
Bentuk
2.1













2.2








Mendiskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masayarakat multikultural









Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural


·    Kelompok sosial dalam masaryarakat multikultural
·    Secara individu menggali informasi melalui studi kepustakaan dan media massa tentang masyarakat multikultural.
·    Secara kelompok menggali informasi melalui study kepustakaan dan media massa tentang penyebab terjadinya masyarakat multikultur.
·    Secara kelompok merumuskan pengertian dan ciri-ciri masyarakat multikultur

·    Secara kelompok membuat tulisan melalui studi pustaka tentang keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagaian batar, tengah dan timur.
·    Secara klasikal mendiskusikan hasil tulisan tentang keanekaragaman suku bangsa di
·    Menyebutkan  ciri-ciri masayarakat multikultural


·    Menjelaskan  faktor-faktor yang  menyebabkan terebentuknya masyarakat multikultur



·    Mendiskripsikan keaneka ragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur
 Tugas individu dan kelompok



Tugas kelompok



Ulangan harian


Tugas kelompok







Performan
Laporan



Laporan




Performan PG dan Uraian singkat
Laporan





10 jam pelajaran



10  jam pelajaran



2 jam pelajaran


10  jam pelajaran






Sosiologi XI
Gambar



Sosiologi XI
Presfiktif tentang perubahan sosial budaya




Sosiologi Pengantar







No
Kompetensi Dasar
Materipokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat

Jenis
Tagihan
Bentuk











2.3











Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat  multikultural.










Indonesia bagian batar, tengah dan timur.
·    Secara klasikal menguraikan konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial



·    Secara individu mengungkapkan satu contoh kasus keanekaragaman kelompok sosial.
·    Secara individu mengemukakan gagasan dalam penanganan kasus yang diakibatkan dari keanekaragaman kelompok sosial


·    Menjelaskan konsekuensi perubahan sosial, ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial

·    Menjelaskan dengan contoh kasus keanekaragaman kelompok sosial



Tugas individu dan kelompok

Ulangan



Tugas individu


Ulangan


Performan



 PG dan Uraian singkat

Performan



PG dan Uraian singkat





10  jam pelajaran


2 jam pelajaran


20 jam pelajaran


2 jam pelajaran



Hartika, Pendidikan Kebudayaan dan masyarakat madani Indonesia.

Sosiologi XI





















                                    Mengetahui,                                                                                                                                       Batola,                 2009
                                    Kepala Sekolah SMA/MA ………………                                                                                       Guru Mata Pelajaran



                                    …………………………………………                                                                                            …………………………………........
                                    NIP. …………………………………...                                                                                            NIP. ...................................................




SILABUS
Sekolah                                   : SMA / MA MGMP Batola
Mata Pelajaran                        : Sosiologi
Kelas/Program                         : XII /  Ilmu Sosial
Semester                                  : 1 (Satu)
Alokasi Waktu                        : 3 x 45 Menit
Standar Kompetensi 1                        : Memahami Dampak Perubahan Sosial         
No
Kompetensi Dasar
Materipokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
Jenis
Tagihan
Bentuk
1.1


















1.2
Menjelaskan proses perubahan sosial di masayarakat
















Menganalisis dampak perubahan sosial terhadap kehidupan masyarakat
·    Perubahan sosial


















·    Dampak perubahan  sosial
·    Secara individu mencari contoh kasus di masyarakat tentang perubahan sosial
·    Secara klasikal mengolongkan bentuk-bentuk perubahan sosial sesuai  kasus yang diperoleh dari masyarakat.
·    Secara  individu mencari contoh kasus tentang faktor pendorong perubahan sosial.
·    Secara klasikal menguraikan tentang faktor pendorong perubahan sosial
·    Secara  individu mencari contoh kasus tentang faktor penghambat perubahan sosial
·    Secara klasikal menguraikan tentang faktor penghambat perubahan sosial
·    Secara individu menjelasakan akibat perubahan sosial secara umum
·    Menjelaskan  bentuk-bentuk perubahan sosial




·    Memberikan contoh faktor pendorong perubahan sosial



·    Memberi contoh faktor-faktor penghambat perubahan sosial


·    Memberi  contoh kasus dampak perubahan sosial
·    Tugas individu





·    Tugas individu




·    Tugas individu

Ulangan


·    Tugas
individu


-Performan






Performan





Portofolio


PG dan Uraian

 Portofolio



6 jam pelajaran





6 jam pelajaran




3 jam
 Pelajaran

2 jam pelajaran

6 jam
Pelajaran



Pengantar Sosio
logi Kamanto Sunarto



Pengantar Sosio
logi Kamanto Sunarto














No
Kompetensi Dasar
Materipokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
Jenis
Tagihan
Bentuk


























·    Secara individu melakukan pengamatan perkembangan IPTEK, pendidikan,sistem pemerintahan dll, sebagai dampak perubahan sosial.
·    Secara klasikal menguraikan hasil pengamatan dari  kasus dampak perubahan sosial.
·    Secara kelompok mendiskusikan contoh-contoh globalisasi.
·    Secara kelompok mengklasifikasikan contoh-contoh globalisasi yang dapat mengancam eksistensi jati diri bangsa
·    Secara individu mengkaji kasus yang dapat menghambat terjadinya integrasi.
·    Secara individu mengemukakan gagasan untuk mengatasi memudarnya jati diri bangsa melalui kasus.
·    Secara klasikal menyimpulkan cara-cara untuk mengatasi memudarnya jati diri bangsa.








·    Menjelaskan tentang globalisasi terhadap eksistensi jati diri bangsa



·    Mengemukakan gagasan atau pemikiran untuk mengatasi memudarnya jati diri bangsa.













Tugas kelompok





Tugas Individu






Ulangan








Laporan






 Performan







PG dan Uraian









6 jam pelajaran





3 jam
 Pelajaran






2  jam
 Pelajaran











Pengantar Sosio
logi Kamanto Sunarto



Sosio
logi  Sitematik












Sekolah                                   :  MGMP Sosiologi SMA/MA  Batola
Mata Pelajaran                        : Sosiologi
Kelas/Program                         : XII /  Ilmu Sosial
Semester                                  : 1 (Satu)
Alokasi Waktu                        : 3 x 45 Menit
Standar Kompetensi 2                        : Memahami Lembaga Sosial

No
Kompetensi Dasar
Materipokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
Jenis
Tagihan
Bentuk

2.1








2.2






2.3

Menjelaskan hakekat lembaga sosial






Mengklasifikasikan tipe-tipe lembaga sosial




Mendiskripsikan peran dan fungsi lembaga sosial



Lembaga Sosial







·    Secara individu menggali informasi melalui data kepustakaan atau media massa tentang lembaga sosial.
·    Secara individu menceritakan hasil pengamatan tentang pembentukan lembaga sosial.


·    Secara kelompok melakukan kunjungan lembaga politik (Parpol) dan ekonomi (Bank/koperasi)



·    Secara kelompok mengungkapkan peran dan fungsi lembaga politik dan ekonomi yang di kunjungi.


·    Menjelaskan pengertian lembaga sosial
·    Menjelaskan proses pembentukan lembaga sosial



·    Menyebutkan tipe-tipe lembaga sosial
·    Menguraikan hubungan antar lembaga sosial


·    Menguraikan pentingnya peran dan fungsi lembaga keluarga, agama, pendidikan, politik, ekonomi dalam hidup bermasyarakat

Tugas individu







Tugas kelompok





Ulangan
Performan









Laporan singkat

Performan



PG dan Uraian singkat



10  jam pelajaran








2 jam pelajaran

2 jam pelajaran


2 jam pelajaran

Instansi,lembaga.
Gambar, CD







Media cetak dan internet





Pengantar
Sosiologi Soerjono Soekamto




SILABUS

Sekolah                                   : MGMP Sosiologi SMA/MA Batola
Mata Pelajaran                        : Sosiologi
Kelas/Program                         : XII /  Ilmu Sosial
Semester                                  : II (dua)
Alokasi Waktu                        : 3 x 45 Menit
Standar Kompetensi 2                        : Mempraktikan metode penelitian sosial

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
Jenis
Tagihan
Bentuk

3.1









3.2








Merancang metode penelitian sosial secara sederhana







Melakukan penelitian sosial secara sederhana.



 Penelitian Sosial







·    Secara individu menggali informasi melalui study kepustakaan  dan media massa tentang penelitian sosial secara sederhana.
·    Secara kelompok mengidentifikasi kasus sosial  budaya sebagai bahan penelitian


·    Secara kelompok merumuskan rancangan penelitian, metode, mengumoulkan dan pengolahan data hasil penelitian sosial.





·    Merumuskan rancangan penelitian secara  sederhana







·    Melaksanakan penelitian sosial secara sederhana.





Tugas individu



Ulangan




Tugas kelompok



Laporan dan presentasi



PG dan Uraian



Laporan dan presentasi



10  jam pelajaran



 2 jam pelajaran



10 jam pelajaran




Buku yang relevan dan internet







Pengantar
Sosiologi Soerjono Soekamto









No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
Jenis
Tagihan
Bentuk

3.3

Mengkomonikasikan hasil penelitian sosial secara sederhana









·    Secara kelompok membuat laporan hasil penelitian


·    Secara kelompok mempresentasikan laporan hasil penelitian



·     Membuat laporan  penelitian sosial secara sederhana

·     Mempresentasikan  hasil pepelitian sosial  secara sederhana.


Tugas keompok


Ulangan

Laporan dan presenta


PG dan Uraian



2 jam pelajaran


2 jam pelajaran


Media cetak hasil-hasil penelitian, skripsi, laporan, karya tulis, Tesis
                                   

                                   

                                    Mengetahui,                                                                                                                                       Batola,                 2009
                                    Kepala Sekolah SMA/MA ………………                                                                                       Guru Mata Pelajaran



                                    …………………………………………                                                                                            …………………………………........
                                    NIP. …………………………………...                                                                                            NIP. ...................................................





0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates